Berwisata dan Berziarah ke Makam Sunan Kudus

Makam Sunan Kudus menjadi tempat ziarah di Kota Kudus yang selalu ramai pengunjung dari berbagai daerah baik peziarah ataupun wisatawan. Berkunjung ke Kudus pastinya harus singgah ke makam Sunan Kudus sebagai tujuan wisata anda.

Sunan Kudus yang dengan nama lahir Sayyid Ja’far Shadiq Azmatkhan lahir pada tanggal 9 September 1400 M / 808 H di Palestina. Anak dari Raden Usman Hajji atau yang dikenal dengan sebutan Sunan Ngudung, seorang panglima perang Kesultanan Demak Bintoro.

Sunan Kudus merupakan seorang Walisongo yang menyebarkan Agama Islam khususnya di Pulau Jawa. Beliau terkenal dalam mengajarkan ilmu fiqih, sehingga menjadi salah satu anggota Walisongo yang terkenal sebagai wali ilmu. Tidak hanya itu, Sunan Kudus juga menjadi imam syiah yang ke enam. Tokoh yang sangat disegani masyarakat karena ajarannya dalam menyampaikan ilmu agama Islam. Sampai dengan sekarang nama Sunan ini dikenal masyarakat dan peninggalannya masih dilestarikan.

Lokasi Makam Sunan Kudus

Lokasi makam Sunan Kudus terletak di Jalan Simpang Tujuh No.15 Kauman, Kota Kudus. Makam Sunan Kudus berada di tengah sebuah bangunan yang mirip dengan Rumah Adat Jawa atau Joglo. Area makam Sunan Kudus ini banyak sekali didatangi oleh para pengunjung dari berbagai daerah. Ramainya makam Sunan Kudus bukan pada saat hari besar Islam saja, melainkan juga pada hari-hari biasa.

Rute Makam Sunan Kudus

Akses menuju makam Sunan Kudus dapat ditempuh dari Stasiun Kudus ke makam hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit. Anda bisa mengarahkan kendaraan dari Jl. Johar ke Jl. Gor kemudian belok ke kiri hingga Jl. Jend. Ahmad Yani dan belok kanan ke Jl. Dr. Lukomono Hadi. Teruskan perjalanan hingga Jl. Kyai Telingsing kemudian belok kiri. Anda akan tiba di makam Sunan Kudus.

Daya Tarik Wisata Makam Sunan Kudus

Makam Sunan Kudus berada di belakang Masjid Menara Kudus. Terdapat makam yang memenuhi pelataran belakang masjid, dengan makam utama, yaitu Makam dari Sunan Kudus yang terletak di sebelah barat masjid.

Menara Kudus tersebut memiliki ketinggian 18 meter. Di sekelilingnya dihiasi dengan piring-piring bergambar seperti masjid, manusia dengan unta, bunga dan pohon kurma. Di dalam menara terdapat tangga yang terbuat dari kayu jati yang tampak kokoh dan berwibawa.

Setibanya di lokasi, akan terlihat gapura di kawasan makam Sunan Kudus bahkan ada yang percaya jika kita berhasil menyentuk langit-langit gapura tersebut maka keinginan kita akan terkabul. Setelah masuk, akan terlihat sebuah bangunan yang merupakan tempat makam Sunan Kudus. Di sekitar area makam terdapat kolam air yang biasa digunakan untuk berwudhu.

Wisata makam Sunan Kudus selalu ramai pengunjung bukan hanya ketika hari besar Agama Islam namun juga hari-hari biasa. Maka dari itu fasilitas makam pun ditingkatkan agar para pengunjung dan peziarah tetap merasa nyaman.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Sunan Kudus

Selain berkunjung ke makam Sunan Kudus, anda juga bisa melanjutkan wisata ziarah ke makam-makam lainnya yaitu makam Sunan Muria dan makam Syekh Zadzali. Apabila ingin berwisata alam, anda bisa mengunjungi Wisata Alam Rejenu Kudus, Air Terjun Montel Kudus, atau Sumber Mata Air Tiga Rasa. Atau anda juga bisa mengunjungi Waterboom Mulia Kudus untuk wahana permainan air.

Makam lainnya yang terkenal yaitu San Diego Hills dengan arsitektur yang menggabungkan budaya-budaya di Indonesia. San Dieog Hills juga dikelilingi pepohonan dan rumput yang hijau sehingga terlihat asri dan bersih bahkan tidak terlihat seperti makam pada umumnya.