Destinasi Wisata Religi di Magelang, Makam Syekh Subakir

Syekh Subakir adalah salah seorang ulama Wali Songo periode pertama yang dikirim khalifah dari Kesultanan Turki Utsmaniyah Sultan Muhammad I untuk menyebarkan agama Islam di Nusantara. Syekh Subakir konon adalah seorang ulama besar yang telah menumbal Tanah Jawa tepatnya wilayah Gunung Tidar dari pengaruh negatif makhluk halus saat awal penyebaran ajaran Islam dan makam Syekh Subakir juga terletak di Gunung Tidar.

Syekh Subakir diceritakan membersihkan wilayah Gunung Tidar di Pulau Jawa dari bangsa jin memakai Tombak Kiai Panjang. Tombak pusaka tersebut ditancapkan tepat di Puncak Tidar sebagai penolak bala. Dan benar, tombak sakti itu menciptakan hawa panas yang bukan main bagi bangsa jin yang berdiam di sana.

Sementara, tombak itu sekarang masih dijaga oleh masyarakat dan ditempatkan di Puncak Gunung Tidar dengan nama Makam Tombak Kiai Panjang. Dengan adanya tombak sakti itu, amanlah Gunung Tidar dari kekuasaan para jin dan makhluk halus. Karena keberhasilannya menumbal Tanah Jawa, penyebaran Islam oleh Wali Songo periode pertama pun menjadi lancar.

Lokasi Makam Syekh Subakir

Tidak ada yang tahu pasti dimana lokasi makam Syekh Subakir. Ada yang mengatakan bahwa beliau wafat di Persia tahun 1462. Sedangkan yang ada di Indonesia dan diziarahi oleh masyarakat adalah situs-situs peninggalannya. Tetapi ada pula yang berpendapat bahwa beliau wafat di pulau Jawa.

Di pulau Jawa sendiri terdapat dua makam yang berbeda, makam pertama terletak di pemakaman Beji Benowo daerah pegunungan Tidar, Magelang, Jawa Tengah. Dan makam lainnya terletak di Tanjung Awar-Awar Desa Tasikharjo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban.

Rute Makam Syekh Subakir

Akses menuju makam Syekh Subakir bisa dituju dengan mudah menggunakan kendaraan pribadi. Lebih banyak yang percaya dan mengunjungi makam di pegunungan Tidar, Magelang. Anda bisa langsung menuju ke jalan Telasih atau Jalan Jend. Sudirman kemudian akan tiba di pegunungan setelah beberapa meter. Dilanjutkan dengan berjalan kaki ke makam yang berada di puncak gunung.

Daya Tarik Makam Syekh Subakir

Makam Syekh Subakir merupakan objek wisata religi yang terkenal di Jawa Tengah dan banyak pengunjung yang datang dari kota Magelang hingga dari luar daerah. Penduduk lokla juga sangat ramah terhadap wisatawan yang datang berkunjung.

Selain makam syekh Subakir, terdapat makam yang panjangnya 7 meter dengan lebar 1 meter yaitu merupakan makam Kyai Sepanjang. Kyai Sepanjang merupakan pusaka yaitu tombak dari Syaikh Subakir. Masyarakat biasa menyebutnya sebagai Gunung Tidar.

Wisata makam Syekh Subakir banyak dikunjungi para peziarah namun anda juga bisa menikmati panorama pemandangan kota yang indah dari puncak gunung untuk berlibur. Terdapat juga beberapa fasilitas yang disiapkan seperti tempat parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, warung makan, dan masih banyak lagi.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Syekh Subakir

Dulunya bukit Tidar jarang didatangi orang-orang dan dijadikan tempat wisata namun setelah terdapat cerita bahwa Syekh Subakir berhasil menaklukkan dan mengalahkan jin penunggu di Gunung Tidar dan dimakamkan di sana setelah wafat, mulai banyak orang yang berdatangan.

Selain wisata religi makam Syekh Subakir, terdapat wisata lain yang dapat dikunjungi di Gunung Tidar. Anda bisa sambil berekreasi dan berolahraga. Terdapat jalur sejauh kurang lebih 300 meter yang bisa dilalui untuk mencapai puncak. Anda pastinya tidak akan menyesal setelah mencapai puncak gunung karena pemandangan yang disuguhkan sangat indah.

San Diego Hills merupakan area pemakaman elite dan mewah yang dikhususkan untuk masyarakat kelas atas bahkan terdapat beberapa tokoh nasional yang dimakamkan di sana. San Diego Hills terletak di Karawang, Jawa Barat.