Keindahan Makam Putri Diana di Althorp

Putri Diana yang memiliki nama lahir Diana Frances Spencer lahir pada 1 Juli 1961 dan meninggal pada 31 Agustus 1997 pada umur 36 tahun karena kecelakaan mobil. Merupakan istri pertama dari Pangeran Wales, Charles, anak sulung Ratu Elizabeth II dan merupakan pewaris takhta kerajaan Britania Raya. Anak-anaknya, pangeran Wiliam dan Harry berada di posisi kedua dan keenam urutan pewaris takhta. Diana dianugerahi gelar Putri Wales melalui pernikahannya.

Makam Putri Diana terletak di dalam taman Althorp, rumah keluarga Spencer. Awalnya Putri Diana berencana dimakamkan di gereja Great Brington namun karena takut akan keamanan dan serangan dari pengunjung maka Putri Diana akhirnya dimakamkan di Althorop agar lebih mudah dirawat dan dikunjungi secara privasi oleh keluarga dan kerabat.

Kematian Putri Diana membuat seluruh publik di penjuru dunia kaget bahkan terdapat hampir 2 juta orang memadati London untuk menyampaikan penghormatan terakhir kepada Putri Diana dan 2,5 miliar orang menonton siaran televisi proses pemakaman Putri Diana.

Sosok Putri Diana sangat dicintai oleh semua orang membuat semua orang merasa kehilangan dan berduka atas kematiannya. Selain paras wajahnya yang cantik dan senyum yang manis, Putri Diana memiliki sikap yang anggun, lemah lembut dan rendah hati serta suka mengikuti berbagai kegiatan sosial bahkan dipandang sebagai lambang fashion karena kecantikannya.

Lokasi Makam Putri Diana

Lokasi makam Lady Diana terletak taman yang indah di sebuah pulau pribadi di komplek perumahan milik keluarga besar Spencer di Althorp House, Northamptonshire, Inggris. Tubuh Putri Diana dibaringkan di pulau yang dikelilingi danau buatan The Oval Lake di Taman Althorp, rumah bagi keluarga besar Spencer.

Akses Menuju Makam Putri Diana

Tidak semua orang bisa datang berkunjung untuk berziarah di makam Putri Diana. Pihak keluarga Spencer sangat membatasi kunjungan publik ke situs makam Diana karena ditakutkan akan keamanan publik. Publik bisa datang berziarah dan menaruh bunga di kuil, tapi tidak boleh menyebrang ke tengah pulau tempat di mana Putri Diana dimakamkan.

Daya Tarik Makam Putri Diana

Dalam pulau kecil tempat Putri Diana dimakamkan, terdapat sebuah monumen untuk mengenang Putri Diana dan sebuah kuil tempat keluarga biasanya berkumpul untuk mendoakannya. Kuil kecil itu dihiasi dengan sketsa Putri Diana dan di atas kuil ada tulisan Diana 1961 – 1997 yang menunjukkan tahun kelahiran dan tahun kematiannya. Terdapat sebuah bangku hitam yang terletak di tengah kuil.

Kompleks makam Diana dihiasi 36 pohon oak di sepanjang jalan menuju makam. Jumlah pohon yang ditanam disesuaikan dengan usia kehidupan Diana yakni 36 tahun saat ia tiada. Ribuan pohon tanaman dan bunga cantik salah satunya yaitu lily air dan mawar putih juga menghiasi makamnya. Lily air dan mawar putih merupakan bunga kesukaan Lady Diana semasa hidupnya.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Putri Diana

Terdapat tempat wisata dekat makam Putri Diana yang dapat dikunjungi setelah berziarah contohnya seperti Icarus Falconry, Norhamton Golf Club, The Pinnacle Climbing Centre, Northampton Filmhouse, Brixworth Country Park dan masih banyak lagi tempat-tempat bagus dan indah yang dapat dikunjungi.

Selain makam Putri Diana, di Indonesia sendiri terdapat kawasan pemakaman yang mewah serta memiliki keindahan yang membuatnya tidak terlihat seperti pemakaman yaitu San Diego Hills. Makam ini dikelilingi oleh pepohonan dan rumput yang hijau dengan desain arsitektur perpaduan budaya-budaya di Indonesia.

Deskripsi : makam Putri Diana terletak di Althorp dan memiliki keindahan yang memukau sayangnya hanya dapat dikunjungi beberapa orang tertentu saja.