Lebih Mengenal Sejarah Dan Letak Makam Sunan Bonang

Raden Maulana Maksum Ibrahim merupakan tokoh ulama walisongo yang sering dikenal dengan nama Sunan Bonang. Beliau dilahirkan sekitar tahun 1465. Beliau merupakan putera dari sunan Ampel dan juga Nyai Ageng Manila. Dikenal dengan nama Sunan Bonang, karena Bonang merupakan nama desa yang ada di kabupaten Rembang tempat Sunan Bonang menyebarkan agama Islam. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa nama bonang juga didapatkan dari penggalan nama panggilan ayahnya yaitu Bong Swi Hoo. Dan Bonang juga bisa diduga adalah Bong Ang. Sunan Bonang mempelajari agama dan pendidikan pertama kali tentu saja melalui ayahnya sunan Ampel. Sunan Bonang juga belajar dengan semua santri-santri atau anak didik dari Sunan Ampel seperti Sunan Giri dan juga Raden Kusen. Kini, makam Sunan Bonang yang ada di Tuban juga banyak mendapat peziarah setiap harinya.

Alamat Makam Sunan Bonang

Oleh, karena itu sebagai orang muslim kita semua harus lebih sering untuk mengunjungi dan berziarah ke makam walisongo. Untuk memanjatkan doa, dan juga mengetahui berbagai sejarah yang dilalui oleh walisongo dalam melakukan penyebaran agama Islam tentu saja bukanlah hal mudah. Makam dari sunan Bonang memiliki alamat lengkap yaitu, Jl. KH Mustaqin, Kutorejo, Kec tuban, Kab Tuban. Provinsi Jawa timur. Ada dapat berziarah ke makam Sunan Bonang dengan waktu yang cukup fleksibel sekali, karena makam tersebut selalu terbuka selama 24 jam untuk umum setiap harinya.

Kendaraan untuk Ke Makam Sunan Bonang

Melakukan ziarah ke makam Sunan Bonang tidaklah sulit sama sekali. Selain, memang lokasinya mudah ditemukan dengan waktu yang cukup mudah. Untuk anda yang ingin segera menuju ke makam Sunan Bonang juga sangatlah cepat dan mudah. Anda bisa menggunakan kendaraan apapun. Mau kendaraan umum ataupun kendaraan pribadi semuanya dapat anda gunakan. Ada bis yang siap memberikan tumpangan anda menuju makam dari Sunan Bonang. Tapi, bagi anda yang menginginkan untuk menggunakan kendaraan pribadi menuju makam beliau. Anda juga bisa melakukannya, karena parkir kendaraan juga tidak jauh makam Sunan Bonang.

Ketertarikan Berkunjung ke Makam Sunan Bonang

Survei yang dilakukan sekitar tahun 2014 memberikan kesimpulan bahwa makam dari sunan Bonang. Merupakan tempat wisata religi yang ada di Indonesia dengan jumlah pengunjung terbanyak. Adanya hal tersebut tentu saja tidak terlepas dengan adanya daya tarik yang dipersembahkan oleh berbagai pihak yang mengelola makam Sunan Bonang. Bahkan ada beberapa peziarah yang berasal dari luar negeri juga. Di sekitar makam Sunan Bonang juga ada berbagai pedagang yang memberikan penawaran berbagai barang yang siap dibeli oleh para peziarah. Kini makam dari sunan Bonang juga dibangun sebuah cungkup yang sangalah indah bahkan menghabiskan banyak dana. Ada berbagai fasilitas terbaik yang memang disediakan untuk para peziarah.

Beberapa Wisata yang Menarik

Sekitar makam dari Sunan Bonang juga tidak tertinggal ada berbagai wisata atau tempat berkunjung yang bukan hanya menarik tapi juga terbaik untuk anda semua. Ada beberapa tempat tersebut yaitu, masjid agung tuban, alun-alun kota tuban, dan juga pantai boom yang ada di Tuban sangat disarankan untuk anda kunjungi ketika berada di Tuban. Dengan anda berziarah ke makam Sunan Bonang sambal mengunjungi berbagai tempat yang menarik sekitar makam. Anda akan lebih menikmati wisata anda. Karena, Tuban juga merupakan kota wisata yang masih banyak lagi tempat wisata yang perlu kita eksplore lebih lanjut terutama dekat makam dari Sunan Bonang.