Letak Makam Sunan Gresik Sebagai Salah Satu Tokoh Penyebar Agama Islam

Salah satu walisongo yang berperan penting menyebarkan dan mengajarkan berbagai ajaran tentang Islam di tanah Nusantara yaitu. Maulana Malik Ibrahim atau yang dikenal dengan Sunan Gresik. Sunan gresik adalah seorang tokoh dari agama Islam sangat berpengaruh terutama di Tanah Jawa. Saat ini banyak sekali yang berziarah ke makam Sunan Gresik untuk mengetahui bahwa beliau memang adalah tokoh ulama atau salah satu walisongo yang harus diketahui oleh umat Islam Nusantara. Pendekatan yang dilakukan oleh Sunan Gresik kepada masyarakat jawa yang dulunya tentu belum mengenal bagaimana ajaran Islam adalah melalui sikapnya yang sangat ramah kepada semua orang.

Maulana Malik Ibrahim tidak pernah sekalipun menentang ataupun memberikan perlawanan bagi orang yang memang berbeda keyakinan dengan beliau. Beliau hanya memberitahu begitu indahnya ajaran Islam yang dibawa dan dapat memberikan ketenangan bagi semua yang menganutnya. Setelah Sunan gresik banyak memberikan pengaruh dan berhasil memikat hati masyarakat mengenai ajaran Islam beliau melakukan suatu perdagangan yang melibatkan berbagai bangsawan yang ada di tanah jawa.

Lokasi Makam Sunan Gresik

Perlu untuk kita semua ketahui bahwa makam dari Maulana Malik Ibrahim ada di desa Gapuro sukolilo, tepatnya di Gapura Wetan masuk dalam kecamatan Gresik, kabupaten Gresik, Jawa Timur. Sunan gresik wafat pada 7 April 1419 M. Tepatnya adalah hari Senin 12 Rabiul Awwal tahun 822 Hijiriah. Beliau wafat setelah membangun suatu pondok pesantren di daerah Leren. Di sekitar makam beliau ada sebuah jalan yang juga diberikan nama Jalan Malik Ibrahim.

Perjalanan Menuju Makam Sunan Gresik Sangat Mudah

Anda yang ingin melakukan suatu perjalanan untuk berkunjung ke makam Sunan Gresik tentu sangatlah mudah anda bisa menggunakan transportasi umum, seperti bis. Dan bagi anda yang memiliki kendaraan pribadi juga dapat langsung untuk berkunjung menuju makam Sunan Gresik. Apalagi, saat ini memang juga sudah sangat banyak sekali agen travel yang menawarkan berbagai perjalanan untuk berziarah ke makam-makam walisongo yang ada di Indonesia dan salah satunya adalah makam dari Sunan Gresik. Memang cukup mudah untuk menuju makam beliau.

Menariknya Makam dari Sunan Gresik

Makam dari Sunan Gresik sendiri memang bukan area pemakaman yang sangat luas, ada dua kompleks utama. Suatu bangunan yang memiliki bentuk pendopo sebagai peristirahatan Sunan Gresik. Dan masih ada banyak makam dari ulama lain yang juga bisa anda kunjungi. Banyak sekali wisatawan atau peziarah yang melakukan kunjungan ke makam dari Syekh Maulana Malik Ibrahim, setiap akhir pekan. Dan tempat tersebut memang tidak pernah sepi karena sebagian besar masyarakat Islam memanjatkan doa untuk Sunan Gresik ketika mengunjungi makam beliau. Di area makam tersebut juga ada sumur yang sudah lumayan tua dan airnya memang bisa untuk langsung diminum.

Ada Berbagai Makam Ulama di Gresik

Di Gresik anda juga tidak hanya dapat berziarah ke makam Syekh Maulana Malik Ibrahim. Namun, anda juga bisa berkunjung atau berziarah ke makam Sunan Giri untuk bisa memanjatkan doa untuk Sunan Giri. Anda juga bisa mengunjungi makam dari Sunan Prapen yang termasuk dalam keturunan Sunan Giri. Atau bagi anda yang juga ingin mengetahui jejak sunan Kalijaga di Gresik juga bisa mengetahui berbagai petilasan dari Sunan Kalijaga.

Begitu bernilainya makam Sunan Gresik anda tentu saja sangat takjub. Namun, yang tidak kalah indahnya bisa untuk melihat atau mengunjungi suatu tempat pemakaman yang ada di Karawang yaitu san Diego Hills. Bagi anda yang memang membutuhkan pemakaman bisa langsung memesan, karena memang tempat pemakaman ini sangatlah indah dan juga memiliki keunikkan yang hanya anda temukan di makam San Diego Hills. Banyak sekali keluarga yang memiliki status sosial tinggi suka dengan pemakaman San Diego Hills.