Letak Makam Syekh Siti Jenar Dan Sejarahnya

Seperti yang sudah banyak diketahui oleh orang, bahwa Syekh Siti Jenar memiliki nama asli yaitu Raden Abdul Jalil. Tetapi, juga ada yang menyebut beliau dengan nama Hasan Ali. Banyak yang mengenal beliau juga dengan Syekh Lemah Abang. Hasan ali atau Syekh Siti Jenar lahir sekitar tahun 1404 M. Dan makam Syekh Siti Jenar berada di sekitar daerah Jepara. Syekh Siti Jenar membawa suatu ajaran, Manunggaling Kawula Gusti. Ajaran dari Syekh Siti jenar tersebut adalah bentuk pengajaran mengenai sufi. Ajaran Syekh Siti Jenar memang dianggap memiliki pandangan yang menyesatkan dari ajaran Islam sesungguhnya. Namun, setelah itu ajaran tersebut juga banyak dipercaya oleh umat Islam sebagai ajaran yang menuntun ke jalan yang benar.

Letak dari Makam Syekh Siti Jenar

Untuk cerita wafatnya Syekh Siti Jenar, memang masih banyak sekali sumber yang simpang siur. Namun, walaupun begitu yang jelas dari berbagai kisah Syekh Siti Jenar meninggal sekitar tahun 1517 M. Dan seperti yang sudah dibahas bahwa Syekh Siti Jenar dimakamkan di daerah sekitar Kabupaten Jepara. Maka, letak dari makam Abdul Jalil tepatnya berada di suatu komplek Sunan Mantingan yang berada di Desa Balong, Kecamatan Kembang. Berada di Kabupaten Jepara, masuk dalam Provinsi Jawa Tengah.

Cara Menuju ke Makam Syekh Siti Jenar

Bagi anda yang ingin mengunjungi makam dari Syekh Siti Jenar tidak perlu kebingungan untuk mencari transportasi atau angkutan menuju makam tersebut. Karena, anda dapat dengan mudahnya untuk langsung mengunjungi makam dari Syekh Siti Jenar dengan berbagai kendaraan. Mengingat letak makam Syekh Siti Jenar tidaklah sulit, karena ada di Kawasan penduduk desa. Dan memang makamnya tidak sulit untuk dituju. Namun, setelah anda sampai kepada petunjuk arah yang ada di lapangan tersebut anda akan menyusuri area arah ke pemakaman yang lumayan berliku-liku dan sebagian besar dari peziarah akan berjalan kaki menuju makam.  Walaupun, makam Syekh Siti jenar memang sudah ada sekitar enam abad yang lalu.

Daya Tarik Makam dari Syekh Siti Jenar

Makam dari mbah Siti Jenar memiliki luas sekitar 180 x 90 cm dan sudah sangat jelas bahwa dipayungi oleh kelambu putih. Banyak sekali orang yang berdoa di makam Syekh Siti Jenar setiap harinya. Terutama di saat malam jumat kliwon sangat banyak sekali orang yang berdoa dan berziarah ke makam Syekh Siti Jenar. Makam dari Syekh Siti Jenar tidak pernah sepi dari peziarah dari berbagai daerah. Bukan hanya doa yang diberikan oleh para peziarah. Namun, juga banyak sekali orang yang membaca AL Qur’an ketika berada di makam tersebut.

Wisata Dekat Makam Syekh Siti Jenar

Selain adanya makam dari Syekh Siti Jenar yang ada di desa balong. Anda sebagai peziarah juga akan menemui tempat yang berupa Sendang. Dan dipercayai bahwa Sendang tersebut adalah peninggalan dari Syekh Siti Jenar. Sendang ini ada karena penyebab dari kisah Syekh Siti Jenar yang melakukan pengerukkan tanah dan digunakan untuk perahunya yang bocor. Bagi anda yang juga ingin mengunjungi tempat wisata lain di sekitar Jepara juga ada Pantai Tirto Samudro.

Setelah anda mengetahui berbagai wisata yang ada di dekat makam Syekh Siti Jenar. Ada juga suatu pemakaman yang sangat rekomendasi untuk anda kunjungi di sekitar karawang yaitu San Diego Hills di sana anda dapat merasakan berbagai kenyamanan dan keindahan tempat pemakaman. San Diego Hills juga merupakan pemaduan dari konsep yang dirasa sangatlah elegan Forest Lawn dan berbagai kebudayaan Indonesia.