Lokasi Jalan Sekitar Makam Raudlatul Jannah

Tempat pemakaman pada umumnya dianggap menyeramkan dan angker. Namun, kesan suram tersebut tidak akan ditemukan di San Diego Hills Memorial Park & Funeral Homes. Lahan pemakaman yang dibangun oleh perusahaan ternama Lippo Karawaci itu terkesan asri, bersih, dan indah. Para peziarah jadi bisa khusyuk berdoa mendoakan keluarga dan kerabat yang telah terlebih dahulu meninggalkan kita semua.

Sementara San Diego Hills Memorial Park terbuka untuk semua kalangan, Raudlatul Jannah Memorial Park adalah taman pemakaman berkonsep serupa yang khusus menerima jenazah Muslim. Pengelolanya pun juga sama yaitu PT Lippo Karawaci Tbk. Karena itulah, mutu pengelolaannya sudah terjamin. Lahan seluas 50 hektare yang digunakan sebagai makam itu telah memenuhi syariat Islam sebagai tempat pemakaman orang Muslim. Tak tanggung-tanggung, pengelolanya meminta masukan dari tokoh masyarakat Muslim terpandang termasuk Nahdlatul Ulama sebagai organisasi Muslim terbesar di Indonesia.

Pemakaman Raudlatul Jannah, yang memiliki arti “Taman Surga”, ini terletak di Jalan Kuta Tandingan, Margakaya, Kec. Telukjambe Bar., Kab. Karawang, Provinsi Jawa Barat, Kode Pos 41361. Jika dirunut dari jalan tol Jakarta-Cikampek yang keluar di Gerbang Tol Karawang Barat, letak Raudlatul Jannah adalah di sebelah lokasi San Diego Hills Memorial Park. Memang, Raudlatul Jannah dibangun salah satunya untuk menyediakan lahan pemakaman khusus Muslim karena lokasi di San Diego Hills sudah semakin terbatas.

Secara geografis, Kabupaten Karawang lokasi Raudlatul Jannah Memorial Park memiliki karakteristik berupa dataran rendah. Bagian utaranya berciri khas banyak daratan dan pantai, sementara bagian tengahnya berupa daratan dengan beberapa bukit, yang terakhir bagian selatannya berupa pegunungan. Kabupaten ini terletak di bagian utara Pulau Jawa dengan bagian utara berbatasan langsung dengan Laut Jawa. Karena jalur utara Pulau Jawa adalah jalur antarkota terpadat, Karawang pun tumbuh menjadi sebuah daerah dengan perekonomian lumayan maju.

Sementara itu, Jalan Kuta Tandingan termasuk sebuah jalan besar yang menghubungkan pinggiran Karawang dengan daerah lainnya. Selain Raudlatul Jannah Memorial Park dan San Diego Hills Memorial Park, ada beberapa point of interests yang juga ada di jalan di sekitar makam tersebut; di antaranya, Lestari Memorial Park Site Karawang, Lestari Memorial Park Temple, dan berbagai rumah makan serta pabrik. Tidak jauh dari situ ada pabrik PT Fujita Indonesia, PT Yamaguchi Indonesia, PT Astra Nippon Gasket Indonesia, PT Kyoraku Blowmolding Indonesia, PT Kaneka Food Indonesia, PT Morii Manufacturing Indonesia, dan PT Daiki Alumunium Industry Indonesia. Memang, lokasinya dekat dengan Karawang International Industrial City.

Akses jalan lebar ketika masuk ke “Taman Surga” Raudlatul Jannah” ini memungkinkan para peziarah untuk membawa kendaraan pribadi dari sepeda motor dan mobil hingga kendaraan umum seperti bus. Akses jalannya diaspal dan diberi jalan setapak sehingga bebas lubang. Lahan parkirnya juga memadai sehingga semua mobil peziarah bisa parkir. Karena jalan untuk pengunjung dibedakan, makam tidak akan terinjak atau terlangkahi.