Lokasi Makam Sunan Kudus Sang Ulama Penyebar Agama Islam

Jatuhnya kerajaan Agama Hindu Buddha membuat timbul berbagai kerajaan Islam. Adanya berbagai kerajaan Islam tentu saja tidak jauh dari berbagai ulama yang menyebarkan Islam di nusantara ini. Ulama penyebar agama Islam di Nusantara memang tidaklah sedikit. Sangatlah banyak sekali dan yang paling terkenal salah satunya adalah Sunan Kudus. Sunan Kudus merupakan walisongo yang lahir pada tahun 1500. Masehi. Beliau memiliki nama lengkap Sayyid Ja’far shadiq Azmatkhan. Sunan kudus adalah putera dari ulama yaitu Sunan Ngudung. Walaupun Sayyid Ja’far Sahdiq Azmatkahan dikenal dengan Sunan Kudus. Tetapi, beliau tidaklah asli penduduk kudus. Beliau lahir di daerah Palestina yang bernama Al- Quds. Sebagian besar dari kerabat dan ayahnya nya memutuskan untuk berhijrah atau berpindah ke Jawa. Agar kita lebih mengerti dan mengetahui sejarah dari beliau ada baiknya untuk berziarah ke makam sunan kudus.

Tempat Makam Sunan Kudus

Dari dulu hingga sekarang makam sunan kudus memang tidaklah sepi dipadati oleh para peziarah dari pelosok Nusantara. Bahkan, ada juga yang berasal dari luar negeri. Para peziarah ini tentu saja memberikan doa kepada Sunan Kudus. Dan juga ingin mengingat bahwa ada makam ulama yang memang memberikan jasa besar atas penyebaran agama islam. Lokasi dari makam Sunan Kudus ini ada di Pejaten, Kauman, Kecamatan Kota Kudus, Kabupaten kudus yang berada di Provinsi Jawa Tengah. Sangat banyak orang yang sudah mengenal dan mengetahui keberadaan makam beliau. Jadi, tidaklah sulit untuk dapat menemukannya.

Transportasi Menuju Makam dari Sunan Kudus

Bagi anda yang masih kebingungan bagaimana cara menuju ke makam dari Sunan Kudus. Biasanya untuk ke berbagai makam walisongo. Akan ada banyak sekali travel atau penawaran jasa transportasi yang bisa anda gunakan bersama banyak orang, karena lebih praktis ataupun lebih hemat dan biasanya adalah bis. Namun, bagi anda yang ingin menggunakan kendaraan pribadi seperti motor pribadi atau mobil pribadi. Anda juga bisa melakukannya. Karena, memang sangat mudah sekali untuk langsung ke makam sunan kudus. Apalagi di zaman yang sekarang serba ada, bukan alasan jika ingin berziarah ke makam Sunan Kudus, karena alasan jauh atau transportasi sulit.

Uniknya Wisata Makam Sunan Kudus

Di makam dari Sunan Kudus tentu saja juga memiliki daya Tarik yang sangat besar dan membuat para peziarah banyak yang mengunjungi makam dari Sunan Kudus. Karena, tidak hanya ingin berziarah ke makam Sunan Kudus. Tapi, juga banyak orang yang ingin melihat keindahan dari makam Sunan Kudus tersebut. Di sekitar kompleks makam sunan Kudus ada yang bilang becaknyalah yang menjadi daya tarik. Adanya tradisi dari masyarakat kudus juga bisa menjadi daya tarik , karena tentu saja tidak bisa ditemukan pada tempat yang lainnya. Di sekitar makam biasanya juga dilakukan pembagian nasi jangkrik adanya hal tersebut membuat sebagian besar peziarah merasakan keunikkan dari berziarah ke makam Sunan Kudus.

Tempat Menarik Lainnya

Kalau kita ke suatu tempat sudah pasti tidak hanya menginginkan berkunjung hanya di satu tempat wisata saja. Namun, juga menginginkan berkunjung atau berwisata ke tempat wisata yang lainnya dan tentu saja yang terdekat agar lebih fleksibel. Sekitar makam Sunan Kudus, anda juga bisa untuk berkunjung ke area atau tempat wisata yang lainnya. Di dekat makam beliau juga ada makam Sunan Muria, ada Menara dari Sunan Kudus, dan juga tidak jauh ada masjid Wali Loram Kulon yang dapat anda kunjungi.