Makam Joko Tingkir Beserta Sejarahnya

Joko Tingkir sangat lekat sekali dengan tradisi orang-orang jawa. Banyak orang jawa juga yang mengenalnya dengan nama mas Karebet. Beliau adalah seorang raja dari Kerajaan Pajang selain raja Joko Tingkir juga menjadi pendiri dari Kerajaan Pajang. Pemerintahan yang dipimpin oleh Joko Tingkir di Kerajaan Pajang berada di sekitar tahun 1549-1582. Joko Tingkir adalah anak laki-laki dari Ageng pengging atau yang dikenal dengan Ki Kebo. Ki Ageng atau ayah Joko Tingkir ini merupakan salah satu murid dari sosok hebat yang bernama Syekh Siti Jenar. Mas Karebet sering sekali melakukan pertapaan beliau juga banyak melakukan latihan bela diri. Maka, tidak heran apabila Joko Tingkir menjadi pemuda yang sangat hebat dan Tangguh. Joko Tingkir juga menjadi murid dari Sunan Kalijaga. Anda juga bisa untuk mengenang berbagai kisah beliau dengan langsung mengunjungi makam Joko Tingkir.

Tempat Dimakamkannya Joko Tingkir

Joko Tingkir dimakamkan di kampung halaman dai ibu kandungnya yaitu sekitar desa Butuh tahun 1582. Tepatnya jika anda ingin untuk berziarah ke makam Joko Tingkir, yaitu di Provinsi Jawa Tengah desa Gedongan kecamatan Plupuh, Kabupaten Sragen. Tidak sulit untuk semua orang menemukan makam dari Joko Tingkir. Makam dari mas Karabet juga hanya berjarak 16 kilometer dari pusat Sragen. Apalagi, saat ini ditambah dengan adanya teknologi dan komunikasi yang lumayan berkembang pesat. Jadi, memang sangatlah mudah untuk menuju ke makam Joko Tingkir setiap saatnya.

Langsung Berziarah ke Makam dari Joko Tingkir

Banyak sekali orang yang sejak dulu melakukan ziarah ke makam Joko Tingkir, karena memang ingin mengetahui lebih lanjut kisah dari Joko Tingkir. Apalagi Joko Tingkir merupakan symbol dari keadilan bagi rakyat kecil. Melakukan perjalanan menuju makam Joko Tingkir tidaklah sulit anda bisa mengendarai kendaraan apapun. Karena, juga ada banyak peziarah yang menggunakan kendaraan pribadi untuk bisa sampai di makam Joko Tingkir. Dengan adanya orang yang semakin banyak melakukan ziarah ke makam Joko Tingkir maka sebagian besar juga menggunakan bis yang memang bisa memuat lebih banyak orang didalamnya. Tentu saja juga akan lebih memudahkan anda.

Daya Tarik yang Cukup Rekomended

Makam dari Joko Tingkir berada tepat di tengah-tengah cungkup. Ada sesuatu yang cukup menarik bagi anda yang akan melakukan ziarah ke makam Joko Tingkir, yaitu pada halaman kompleks dari makam Joko Tingkir terdapat batang kayu yang sudah sangat keropos. Nah batang kayu tersebut banyak yang mempercayai sebagai sempalan dari perahu gethek yang menjadi transportasi dari Joko Tingkir yang membawa beliau menuju dusun butuh yang melalui sungai Bengawan Solo. Penduduk yang berada di sekitar dari makam Joko Tingkir juga sangatlah baik dan ramah menjamu para turis yang berasal darimana-mana. Maka, jika anda berkunjung ke makam tersebut anda akan merasakan kenyamanan dan kehangatan karena sambutan dari penduduk sekitar.

Wisata yang Dapat Dikunjungi di Sekitar Makam Joko Tingkir

Di sekitar makam dari Joko Tingkir juga masih ada beberapa tempat wisata yang cukup rekomended sekali untuk anda kunjungi. Ada Taman Punden Tingkir, Waduk kadung Ombo, Museum Prasejarah sangiran, dan masih banyak lagi yang harus anda kunjungi.

Setelah anda mengetahui beberapa wisata yang cukup menarik dan tidak kalah indah dari makam Joko Tingkir. Untuk anda yang membutuhkan pemakaman yang cukup memberikan fasilitas sangat baik maka anda perlu untuk memesan makam di San Diego Hills. Makam san Diego Hills sudah terkenal menjadi tempat yang paling indah secara tempat dan juga design arsitekturnya.