Membuka Sejarah Dan Makam Sunan Gunung Jati

Sunan Gunung Jati atau Syarif Hidayatullah merupakan salah seorang yang menjadi walisongo. Beliau dilahirkan pada tahun 1448 M dari satu pasangan Saripati Abdullah Umdatuddin bin Ali dan juga Nyai Rara Santang putri dari Prabu Siliwangi dan ketika masuk Islam berganti nama Syarifah Mudaim. Syarif hidayatuhllah atau Sunan Gunung Jati sampai di daerah Cirebon pada 1470 M, dan kemudian seiring dengan perjalanan hidupnya dengan dukungan atau dorongan dari Kesultanan Demak. Beliau di angkat menjadi Raja Kerajaan Cirebon yang ke dua sekitar tahun 1579. Dan memiliki gelar yaitu Maulana Jati. Sunan Gunung Jati mengejar ilmu di suatu pesantren dari Syekh Datuk Kahfi. Kemudian setelah itu beliau mengejar ilmu lebih lanjut ke Timur Tengah. Agar kita lebih mengingat mengenai beliau kita semua bisa untuk berziarah dan memanjatkan doa untuk beliau di makam Sunan Gunung Jati.

Tempat dari Makam Sunan Gunung jati

Syarif Hidayatullah atau lebih dikenal dengan Sunan Gunung Jati wafat pada 26 Rayaagung sekitar tahun 891 H yang bertepatan dengan 1568 Masehi. Beliau dimakamkan di bukit Gunung Jati. Jika, anda lebih tahu jelasnya maka anda dapat langsung berkunjung ke jalan alun-alun Nomer 53, astana , kecamatan gunung Jati, Cirebon Provinsi Jawa Barat. Anda dapat berziarah ke makam Sunan Gunung Jati. Kapanpun anda mau. Karena selama 24 jam setiap harinya makam tersebut terbuka untuk umum. Jadi, kapanpun anda ingin datang ke makam beliau maka anda bisa langsung mengunjunginya.

Angkutan Menuju ke Makam

Untuk menuju ke makam dari sunan Gunung Jati anda bisa menggunakan berbagai angkutan mulai dari kapal, bis, sampai dengan kereta api semua bisa anda lalui. Anda tinggal untuk mengikuti rute yang bisa anda temukan dari berbagai sumber ataupun sumber yang tidak langsung di internet. Maka, anda bisa langsung untuk melakukan perjalanan menuju makam dari Sunan Gunung Jati. Jika, anda ingin membawa kendaraan pribadi yang anda miliki sudah tentu sangat bisa untuk lakukan, karena makam Syarif Hidayatullah tidaklah sulit ditempuh oleh banyak orang. Malah, banyak sekali peziarah yang datang ke makam tersebut dengan rombongannya masing-masing.

Daya Tarik Makam Sunan Gunung Jati

Banyak sekali orang yang sudah mengunjungi makam walisongo. Nah, biasanya orang-orang yang berziarah ke makam tersebut juga ingin mengetahui daya tarik yang bisa membuat mereka terpukau telah datang di makam tidak terkecuali dengan makam dari Sunan Gunung Jati, Pada makam beliau ada pasir yang disebut dengan pasir malela berasal dari mekkah yang dibawa secara langsung oleh seorang pangeran bernama Cakrabuana. Bangunan makam yang sangatlah unik dari lainnya juga membuat para peziarah merasa betah untuk melihat-lihat area makam. Ada gaya arsitektur perpaduan dari budaya Arab, Jawa, dan juga Cina. Atapnya pun ada yang berbentuk limasan. Di makam tersebut juga ada susunan Sembilan pintu secara bertingkat.

Tempat Wisata Unik

Makam Sunan Gunung Jati memang memberikan kesan yang sangat luar basa memikatnya, karena selain itu beliau juga sebagai seorang wali yang memiliki jasa sangat besar ketika melakukan penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, maka tidak heran sangat banyak peziarah yang mendatangi makam beliau. Begitu uniknya makam beliu membuat kita juga ingin mengetahui ada tempat wisata apalagi yang ada di sekitar makam dari Syarif Hidayatullah. Perlu anda ketahui di dekat makam beliau ada Keraton kesepuhan, Goa Sunyarangi , Keraton Kanoman, dan juga masih sangat banyak lainnya yang membuat anda senang telah berkunjung.