Menelusuri Makam Cut Nyak Dien Beserta Sejarahnya

Seorang pahlawan yang sangat berjasa untuk bangsa Indonesia. Sudah terkenal secara nasional. Jadi, sudah sangat harus bagi kita semua yang ingin terus menerus menghargai jasa pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, untuk berkunjung atau berziarah makam Cut Nyak Dien. Cut Nyak Dien adalah seorang pahlawan Indonesia yang lahir pada tahun 1848 di lampadang yang dulu dikenal sebagai Kesultanan aceh. Setelah mengetahui bahwa suami dari Cut Nyak Dien yang bernama Ibrahim Lamnga telah wafat. Di tahun 1880 Cut Nyak Dien menikah dengan seorang yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia juga bernama Teuku Umar. Dari Teuku Umar sebelum menikahi Cut Nyak Dien memang beliau telah berjanji bahwa Cut Nyak Dien dapat ikut berperang. Bersama Teuku Umar beliau melawan penjajahan yang dilakukan oleh Belanda. Tetapi 11 Februari tahun 1899 Teuku Umar diketahui telah gugur.

Wafatnya Cut Nyak Dien

Banyak yang menganggap dan menyakini bahwa Cut Nyak Dien adalah pahlawan Indonesia yang memiliki pengaruh cukup kuat. Cut Nyak Dien wafat  6 November 1908 makam dari beliau diketahui berada di Gunung Puyuh, Sumedang, Jawa Barat. Makam dari pahlawan Nasional Cut Nyak Dien sayangnya baru diketahui setelah 50 tahun setelah wafatnya beliau. Ada sebuah musholla di belakang makam dari Cut Nyak Dien dan juga di sebelah kirinya ada berbagai batu nisan yang diketahui sebagai makam dari keluarga Ulama yang terkenal yaitu H. Sanusi.

Ke Makam Pahlawan Indonesia

Semua orang yang ingin berkunjung dan beziarah ke makam Cut Nyak Dien juga sangatlah mudah. Anda dapat menempuh hanya dengan menggunakan bis yang biasanya dapat berhenti secara langsung di sekitar makam Cut Nyak Dien. Ada juga jalur transit yang dengan mudah dapat anda tempuh. Tidak sulit untuk menuju langsung ke makam Cut Nyak Dien, karena memang sudah ada jalur bis yang menuju area makam beliau. Hal, tersebut tentu saja mempermudah kita untuk lebih sering berkunjung dan berziarah ke makam Cut Nyak Dien yang ada di Sumedang Jawa Barat.

Mengingat Pahlawan Nasional Cut Nyak Dien

Tentu saja bagi kita semua yang ingin untuk selalu mengingat bagaimana pejuang atau pahlawan dari bangsa Indonesia untuk merebut kemerdekaan dari tangan penjajahan Belanda sudah pasti akan rutin mengunjungi makam dari Cut Nyak Dien. Karena, di makam tersebut kita juga dapat belajar sejarah bangsa Indonesia. Makam beliau selalu ramai pengunjung terutama di saat hari Pahlawan, banyak sekali orang yang ingin sejenak mengingat betapa luar biasanya pengorbanan dari Cut Nyak Dien sebagai pahlawan Nasional Indonesia. Menurut informasi dari penjaga makam, ada banyak sekali perkumpulan warga aceh yang tinggal atau berada sekitar makam Cut Nyak Dien selalu berziarah dan juga melakukan berbagai acara tahunan.

Tertarik Berkunjung ke Tempat yang Indah

Di dekat area pemakaman Cut Nyak Dien, juga ada berbagai tempat wisata yang cukup menarik dan sangat penting untuk kunjungi. Seperti adanya Gunung kunci yang terdapat Goa Belanda. Atau bagi anda yang sangat suka mendaki anda juga bisa berkunjung di berbagai gunung yang ada di sumedang, seperti gunung Geulis dan juga gunung Tampomas.

Mengingat adanya makam Cut Nyak Dien memang memberikan semangat kita untuk dapat selalu mengetahui berbagai sejarah dari bangsa Indonesia. Di Jawa Barat tepatnya karawang bagi anda yang membutuhkan pemakaman sangat cukup unik dengan desain arsitekturnya yang memberikan paduan antara konsep Forest Lawn dan berbagai budaya yang ada di Indonesia dijamin anda akan sangat takjub dengan keindahan makam tersebut. Makam yang terkenal tersebut adalah San Diego Hills. Cukup indah sekali memang pemakaman ini.