Makam Sunan Drajat merupakan walisongo berada di suatu desa Kabupaten Lamongan Jawa Timur.

Menelusuri Sejarah  Dan Makam Sunan Drajat

Bagi umat muslim pastinya akan mengetahui semua sunan atau walisongo, karena dengan begitu bisa mengetahui ajaran Islam yang memang benar untuk dianut. Salah satu ulama walisongo yang terkenal dengan kepeduliannya dengan orang miskin dan sangat memiliki jiwa sosial adalah Sunan Drajat. Sunan Drajat yang memiliki nama kecil Raden Qasim lahir sekitar tahun 1470 masehi. Sunan drajat juga merupakan putra dari Sunan Ampel dan juga memiliki saudara yang masih menjadi salah satu walisongo yaitu Sunan Bonang. Raden Qasim semasa hidupnya menyebarkan agama Islam mendapatkan gelar Raden Syarifudin. Sunan drajat juga menjadi pendiri pesantren yang ada di Kabupaten Lamongan yang diberi nama pesantren Dalem Duwur yang berada di suatu desa yang bernama Drajat. Walaupun beliau memang sudah wafat namun untuk mengenang semua jejak beliau kita dapat berziarah ke makam sunan drajat.

Tempat Dimakamkannya Sunan Drajat

Sebagai orang yang ada di Indonesia terutama, bagi kita yang beragama Islam sudah seharusnya berziarah ke makam walisongo. Tidak terkecuali dengan Sunan Drajat. Sunan Drajat dimakamkan pada suatu desa yang berada di kabupaten Lamongan. Raden Qasim atau Sunan Drajat wafat pada tahun 1522M. Makam dari Sunan Drajat memiliki alamat di desa Derajat, Kecamatan paciran, kabupaten lamongan, Provinsi Jawa Timur. Anda yang ingin segera untuk berziarah dan mengetahui berbagai sejarah penyebaran agama Islam yang dilakukan oleh Sunan Drajat langsung saja untuk ke alamat tersebut, karena sudah banyak sekali setiap harinya orang yang berziarah ke makam Sunan Drajat.

Transportasi ke Makam Sunan Drajat

Untuk dapat menuju ke lokasi dimakamkan Sunan Drajat, anda juga bisa menggunakan berbagai kendaraan motor. Kendaraan pribadi seperti mobil dan motor juga bisa anda gunakan. Namun, bagi anda yang ingin menuju Sunan Drajat menggunakan kendaraan publik dengan bersama-sama rombongan anda bisa menggunakan bis untuk bisa langsung menuju makam dari Sunan Drajat. Biasanya banyak sekali orang yang mengunjungi makam-makam walisongo menggunakan agen travel untuk dapat lebih cepat atau praktis dalam melakukan ziarah. Jadi, sebagai peziarah kita dapat nyaman dan menikmati perjalanan menuju makam dari Sunan Drajat.

Keunikan Makam Sunan Drajat

Bagi orang yang senang sekali melakukan traveling atau perjalanan ke berbagai tempat tidak terkecuali dengan makam para walisongo pastinya ingin mengetahui apa saja yang menjadi hal yang menarik dari suatu tempat tersebut. Bila, anda berkunjung ke makam dari Sunan Drajat sudah tentu anda juga ingin mengetahui apa yang menarik dari makam tersebut. Di makam Sunan Drajat. Di kompleks makam dari Sunan Drajat ada sebuah museum yang menyimpan berbagai benda yang digunakan oleh Sunan Drajat semasa hidupnya. Salah satunya yang menarik, karena Sunan Drajat suka sekali membuat tembang Jawa di museum tersebut ada seperangkat alat musim gamelan biasa disebut dengan Singo Mangkok. Di makam tersebut juga ada berbagai relief kayu yang sangat indah.

Wisata Sekitar Makam Sunan Drajat

Makam Sunan Drajat memang sangatlah indah, namun sebagai peziarah atau pengunjung tentu saja kita juga menginginkan tempat yang lain untuk bisa memberikan pemandangan dan Keunikan lain di sekitar makam tersebut. Oleh karena itu jika anda juga ingin melihat wisata daerah sekitar yang berada di dekat makam. Anda juga bisa mengunjungi beberapa tempat wisata seperti, wisata bahari lamongan dan juga maharani zoo & goa. Di sana ada banyak hal yang menarik dan wajib dikunjungi. Dan anda akan lebih bisa merasa sangat puas dan tertarik untuk berwisata.