Mengenal Lokasi Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

Diantara walisongo pastinya kita juga mengenal Maulana Malik Ibrahim atau yang biasa dikenal dengan Sunan Gresik. Sunan Maulana Malik Ibrahim dipercayai menjadi salah satu ulama dari walisongo yang menyebarkan Islam pertama kalinya di tanah Jawa. Jadi, tidaklah heran apabila saat ini makam Sunan Maulana Malik Ibrahim setiap harinya banyak orang yang melakukan ziarah dan juga memanjatkan doa untuk beliau. Kawasan atau daerah yang pertama kali menjadi sasaran penyebaran gama Islam yang dilakukan oleh Sunan Gresik, yaitu desa Sembalo, kecamatan yang ada di manyar, dan kemudian beliau melanjutkan syiar agama Islam ke daerah jawa yang ada di lebih Timur. Sunan Maulana Malik Ibrahim juga mendirikan suatu masjid yang ada di Pasucinan, Manyar. Masjid tersebut adalah masjid pertama yang ada di daerah tersebut.

Lokasi Tempat Dimakamkannya Sunan Maulana malik Ibrahim

Sunan Maulana Malik Ibrahim diketahui telah wafat pada tahun 1419. Dan lokasi yang tepat dari makam Sunan Gresik adalah Jl, malik Ibrahim,dekat Gapuro Sukolilo, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Provinsi jawa Timur. Makam dari Sunan Maulana Malik Ibrahim dapat anda kunjungi setiap saat, karena selama 24 jam makam ini akan terus terbuka untuk para peziarah. Jadi, anda dapat menentukan jadwal yang cocok untuk bisa berziarah ke makam dari Sunan Maulana Malik Ibrahim yang ada di Gresik. Dengan berziarah ke makam beliau kita akan lebih tahu bagaimana ajaran Islam yang dibawa oleh Sunan Maulana Malik Ibrahim.

Ziarah ke Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

Berziarah ke makam Sunan Maulana Malik Ibrahim tidaklah susah, karena anda bisa menggunakan kendaraan apapun untuk sampai ke makam beliau. Bagi, anda yang memilih untuk menggunakan kendaraan pribadi, seperti sepeda motor pribadi ataupun mobil pribadi anda bisa untuk menggunakannya. Atau anda yang ingin menggunakan angkutan publik juga bisa, seperti bis atau yang lainnya. Anda bisa langsung ke makam Sunan Maulana Malik Ibrahim setiap harinya dengan berbagai kendaraan sesuai keinginan anda. Jadi, jangan sampai terlewat untuk bisa ke makam walisongo yang ada di Gresik.

Keunikannya yang Ada di Makam Sunan Maulana Malik Ibrahim

Setiap destinasi wisata tentu saja membuat kita penasaran apa yang menjadi tempat tersebut menarik. Hal, tersebut tentu saja juga berlaku di makam Sunan Maulana Malik Ibrahim. Di batu nisan makam beliau terbuat dari marmer putih dan memiliki hiasan dari Bahasa Arab yang isinya adalah dua kalimat syahadat dan juga isi dari Al Qurán. Kaligrafinya pun juga memiliki bentuk yang sangatlah indah dan unik. Di sekitar makam juga ada sumur tua yang airnya bisa langsung diminum oleh para peziarah yang datang di makam Sunan Maulana Malik Ibrahim. Sekitar kompleks makam juga dikelilingi oleh pagar besi. Hal, tersebut tentu saja adalah hal yang unik dari makam Sunan Maulana Malik Ibrahim yang ada di Gresik.

Wisata yang Ada di Sekitar

Ketika kita melakukan ziarah pastinya juga ingin melihat keadaan ataupun wisata yang ada di daerah sekitar. Begitu juga ketika kita berziarah ke makam Sunan Maulana Malik Ibrahim pasti juga ingin melihat keadaan sekitar ada wisata apa yang menarik, untuk bisa menggunakan waktu lebih lama ketika berlibur. Di sekitar makam beliau juga ada beberapa tempat wisata yang bisa langsung anda kunjungi, seperti makam dari pusponegoro, masjid jami’ yang ada di Gresik, dan makam Nyai Agen Pinatih.