Mengetahui Berbagai Jejak Sejarah Dan Lokasi Makam Gajah Mada  

Mengetahui Berbagai Jejak Sejarah Dan Lokasi Makam Gajah Mada  

Mungkin sudah banyak yang mengetahui sedikit banyak mengenai cerita dari salah satu tokoh yang berperan sangat besar pada kerajaan Majapahit yaitu gajah Mada. Beliau merupakan Mahapatih dari kerajaan Majapahit. Beliau hidup ketika Majapahit dikuasai oleh Tribhuawana Wijayatunggadewi, dan juga Hayam Wuruk. Banyak sekali orang pada zaman dulu maupun sekarang yang mengenal Gajah Mada lekat dengan suatu sumpah yaitu sumpah palapa. Dalam sumpah tersebut berisi bahwa Gajah Mada tidak akan pernah memakan palapa sebelum beliau menyatukan seluruh Nusantara. Tidak sedikit pula warga negara Indonesia yang menganggap bahwa Gajah Mada sendiri merupakan Pahlawan Nasional yang memang berusaha keras untuk menyatukan Indonesia pada zaman kerajaan Majapahit. Bagi kita yang ingin mengenang semua jasa Gajah Mada juga bisa untuk langsung mengunjungi makam Gajah Mada.

Lokasi dari Makam Gajah Mada

Tidak sedikit orang yang memang ingin mengetahui makam dari Gajah Mada karena adanya berbagai sejarah menarik dari beliau. Letak daerah makam Gajah Mada ada di Buton Selatan yang tepatnya kelurahan Majapahit, Kecamatan Batauga, Kabupaten Buton Selatan. Makam dari Gajah Mada berada di lokasi yang memiliki jarak sekitar lebih kurang adalah 3 meter dari jalan utama. Walaupun, begitu karena Gajah Mada adalah sosok yang begitu hebat jadi ada informasi lain yang mengatakan bahwa Gajah Mada juga dimakamkan di beberapa daerah lain. Tetapi, yang paling menyakinkan lokasi letak makam dari Gajah mada yaitu berada di daerah Buton Selatan.

Menuju Makam dari Patih Gajah Mada

Anda yang ingin lebih sering untuk mengunjungi makam Gajah Mada juga tidaklah sulit sebenarnya. Walaupun jalan untuk menuju makam Gajah Mada belum diaspal. Dari jalan utama anda bisa menggunakan kendaraan bermotor seperti biasanya seperti mobil ataupun sepeda motor. Tetapi, apabila  anda sudah mulai masuk ke daerah menuju makam dari Gajah Mada sangat disarankan anda untuk menumpuhnya dengan berjalan kaki. Karena, mengingat daerah yang akan anda lalui menuju makam dari gajah Mada adalah perbukitan. Maka, sudah pasti tidak memungkinkan untuk menggunakan kendaraan bermotor agar sampai langsung menuju makam dari Gajah Mada.

Daya Tarik dari Makam Gajah Mada

Tempat yang diyakini menjadi makam Mahapatih Gajah Mada memiliki ukuran lebih kurang 40 meter x 40 meter. Di tengah dari tempat tersebut memiliki pohon yang sangatlah besar namun cukup rindang. Dari jarak yang hanya beberapa ratus meter dari makam anda bisa sangat mudah menemukan pohon maja, merupakan salah satu tumbuhan yang sangat lekat sekali dengan Patih Gajah Mada. Pohon tersebut juga ditandai dengan adanya tulisan sansekerta yang tentu saja sangat menarik bagi siapapun peziarah. Banyak sekali warga atau masyarakat beziarah ke makam dari Gajah Mada ada yang melakukan sembahyang, berdoa terutama ketika akan tiba musimnya panen ataupun menanam. Biasanya orang-orang juga membawa berbagai sesuatu ke makam tersebut. Hal, itu tentu saja sangat menarik terutama bagi anda yang belum pernah ke makam dari patih Gajah Mada.

Tempat yang Menarik untuk Dikunjungi

Anda yang berkunjung atau berziarah ke makam dari patih Gajah Mada tentunya juga ingin mengeksplor lebih jauh buton selatan. Di daerah tersebut juga ada beberapa  tempat wisata yang menarik untuk dapat anda kunjungi seperti, panati bahari, wisata kali biru, dan juga tugu buton selatan.

Setelah kita mengetahui informasi mengenai makam Gajah Mada. Anda juga perlu mengetahui bahwa ada makam yang sangat indah untuk anda kunjungi atau anda juga dapat memesan makam di tempat tersebut. Makam itu adalah san diego hills. Sebuah makam dengan gaya cukup elegan dengan berbagai keindahan arsitekturnya yang terletak di karawang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *