Sejarah Dan Letak Makam Prabu Siliwangi Sebagai Seorang Raja

Prabu Siliwangi memiliki nama asli Prabu Dewantaprana Sri Baduga Maharaja lahir di sekitar tahun 1401 M di sekitar daerah Kawali Ciamis. Belian memerintah pada zaman yang dikenal banyak orang dengan Pakuan Pajajaran Pasundan atau Pajajaran. Prabu Siliwangi memerintah sekitar 39 tahun yang memang cukup lama, yaitu dimulai dari tahun 1482 sampai dengan 1521. Dan pada tahun-tahun tersebutlah pajajaran mencapai banyak sekali puncaknya terutama di daerah Bogor.beliau juga terkenal menjadi seorang putera dari Prabu Dewa Niskala. Disebutkan dari berbagai sumber bahwa Prabu Siliwangi menikahi seorang wanita putri dari Prabu Gajah agung. Dan ketika sekitar tahun 900 M atas perintah dari Prabu Suryadewata Putra untuk mendirikan suatu kerajaan yang cukup besar yaitu, Kerajaan Sumedang Larang. Setelah kita mengetahui sekilas mengenai kehidupan dari Prabu Siliwangi. Kita juga bisa mengetahui bahwa makam Prabu Siliwangi sekitar kota Bogor.

Lokasi yang Tepat dari Makam Prabu Siliwangi

Banyak sekali yang menjelaskan bahwa makam dari Prabu siliwangi berada di sekitar komplek Gunung salak. Untuk  tempat detail rangkaian gunung salak sendiri membentang dari Kabutan Sukabumi hingga Kabupaten Bogor Jawa Barat Indonesia. Gunung salak merupakan gunung tertua yang ada di Indonesia. Puncaknya juga berada di ketinggian 2.211 m di atas permukaan laut.  Gunung yang menjadi tempat dimakamkannya Prabu Siliwangi ini memang cenderung memiliki aura magis yang sangat tinggi. Jadi, tidak heran bahwa ada beberapa aturan yang harus diketahui dan ditaati oleh para pengunjung yang ingin berkunjung atau berziaran menuju makam Prabu Siliwangi.

Menuju Makam dari Prabu Siliwangi

Seperti yang semua orang tahu bahwa tempat makam dari Prabu Siliwangi terletak di sekitar rangkaian gunung salak. Sudah pasti bagi anda yang ingin menuju makam keramat ini, harus berjalan kaki untuk sampai, karena ada berbagai pendakian yang harus anda lakukan untuk sampai secara langsung menuju makam dari Prabu Siliwangi. Jadi bagi anda yang ingin berkunjung anda bisa menggunakan transportasi yang biasa anda gunakan berpergian sebelum menuju ke atas gunung salak. Namun, ketika dirasa akan mendaki gunung tersebut anda dapat berjalan kaki.

Ketertarikan Para Pengunjung Makam Prabu Siliwangi

Dari berbagai kisah Prabu Siliwangi yang banyak diceritakan tentu saja Prabu Siliwangi menjadi sosok orang yang ada dalam sejarah dan memiliki kekuatan yang cukup hebat. Banyak sekali orang yang mendengar berbagai kemagisan ada di makam Prabu Siliwangi itu sendiri. Terutama bagi anda yang suka mendengar atau membaca bahwa Prabu Siliwangi sangat erat kaitannya dengan harimau. Ada harimau. Jadi, tidak heran bahwa banyak sekali orang yang penasaran dan ingin melihat secara langsung keadaan makam dari Prabu Siliwangi yang ada di gunung salah tersebut. Ada setiap hari peziarah yang berkunjung ke makam Prabu Siliwangi terutama bila waktu liburan.

Wisata yang Cukup Menarik

Di sekitar makam Prabu Siliwangi anda juga bisa menemukan wisata lain yang cukup menarik dan akan membuat anda ingin mengunjunginya yaitu, Pura parahyangan Agung Jagatkarta. Ada cerita bahwa pada zaman dulu pura ini juga merupakan tempat persinggahan dari Prabu Siliwangi dan dipercaya dulunya menjadi tempat Prabu Siliwangi melakukan moksa.

Begitulah sekilas pengetahuan mengenai makam Prabu Siliwangi. Bagi anda yang suka mengunjungi berbagai macam tempat pemakaman yang indah anda juga bisa mengunjungi pemakaman cukup indah dengan gaya arsitektur cukup menarik yaitu di San Diego Hills. San Diego Hills adalah tempat pemakaman yang sering menjadi suatu ikon atau lambang dari masyarakat yang  berkelas tinggi yang ada di Indonesia. Maka, tidak heran bahwa San Diego Hills dapat dibilang sangat bersih, sejuk, dan juga indah.