Sejarah dari Makam Sunan Giri

Walisongo yang mendirikan Kerajaan bernama Giri Kedaton adalah Sunan Giri. Adanya kerajaan tersebut memang memiliki tujuan sesuai keinginan beliau yaitu, dapat menjadi pusat penyebaran Agama Islam yang ada di jawa. Namun, seiring berkembangnya kerajaan, Giri Kedatangan bukan hanya mampu menyebarkan Agama Islam di sekitar pulau Jawa. Namun, juga meluas sampai ke Madura, Lombok, Sulawesi, Kalimantan, hingga ke Maluku. Sunan Giri juga mempunyai beberapa nama yang dikenal oleh masyarakat. Terutama, umat Islam yang ada di Nusantara. Seperti, Raden Paku, lalu Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden Áinul Yaqin, serta Joko Samudro. Beliau dilahirkan di Blambangan pada tahun 1442. Dan makam Sunan Giri berada suatu desa yang ada di Gresik. Jika, anda ingin berziarah anda dapat langsung ke desa tersebut.

Letak dari Pemakaman Sunan Giri

Agar kita semua lebih mengenang semua jasa dari Sunan Gir yang menyebarkan Islam bukan hanya sampai ke seluruh tanah Jawa. Namun, juga ke beberapa daerah yang ada di luar pulau Jawa. Agar kita semua juga lebih mengenal Islam yang diajarkan oleh Sunan Giri. Tentu saja untuk lebih memperkuat keimanan kita sebagai umat Islam yang berada di Indonesia. Anda yang ingin menemukan lebih pasti lokasi atau tempat Sunan Giri dimakamkan, dapat langsung menuju ke Jl. Sunan Prapen Nomer 7, Pedukuhan, Sekarkurung, kecamatan Kebomas, kabupaten Gresik, provinsi Jawa Timur.

Menuju ke Makam Sunan Giri

Bagi anda yang ingin segera berziarah ke makam Sunan giri tidak perlu repot atau kebingungan. Karena hampir semua kendaraan dapat langsung menuju lokasi pemakaman Sunan Giri. Bahkan ada berbagai agen travel yang siap membantu anda untuk bisa menuju lokasi dari makam Sunan Giri. Anda juga bisa untuk menggunakan kendaraan anda sendiri. Seperti mobil atau sepeda motor, anda tidak perlu khawatir juga untuk bisa langsung berziarah ke makam Sunan Giri, karena memang setiap hari bisa untuk berkunjung ke makam dari sunan Giri selama 24 jam. Anda kapanpun bisa untuk berziarah ke salah satu makam walisongo kapanpun anda inginkan. Namun setelah anda sampai di sekitar makam anda harus mendaki sedikit mengingat letak makam beliau berada di sekitar perbukitan.

Keunikan yang Ada di Makam Sunan Giri

Di sekitar kompleks makam Sunan Giri ada beberapa delman yang juga memberikan penawaran jasa bila ada peziarah yang ingin berkeliling ke kompleks makam Sunan Giri. Di Cungkup malam yang ada di makam beliau memiliki gaya ataupun design dari arsitektur cukup unik. Cungkupnya terbuat dari kayu jati yang memiliki ukiran dan berwarna coklat kemerahan, dan juga ada dua patung yang berbentuk ular terukir. Patung tersebut juga memiliki letak depan pintu masuk dari cungkup makam Sunan Giri. Cukup manarik bukan makam dari Sunan Giri, anda dapat berziarah dan sekaligus melakukan wisata religi ke makam beliau. Anda juga dapat lebih menyadari bahwa adanya jasa dari Sunan Giri yang melakukan penyebaran Agama Islam.

Wisata Dekat Makam Sunan Giri

Dekat makam dari sunan Giri juga ada masjid Sunan Giri, dan museum dari Sunan Giri. Di museum tersebut anda dapat menemukan berbagai benda bersejarah yang peninggalan dari Sunan giri, ketika anda berada di museum tersebut anda akan semakin merasa takjub. Sangat menyenangkan untuk mengunjungi tempat wisata yang dekat dengan makam Sunan Giri. Karena, dengan begitu anda bisa lebih menikmati waktu berlibur atau waktu berwisata anda dengan lebih maksimal.