Tempat Wisata di Blitar, Makam Bung Karno

Makam Bung Karno sudah menjadi tempat wisata yang sangat terkenal di Blitar karena Bung Karno dimakamkan di kota ini. Anda juga bisa mengunjungi perpustakaan dan museum yang masih terletak dekat dengan makam Bung Karno. Bahkan keberadaan makam Bung Karno sudah menjadi tujuan utama wisatawan saat mengunjungi Kota Blitar yang datang dari berbagai penjuru daerah.

Bung Karno merupakan seorang proklamator kemerdekaan RI, Presiden pertama Republik Indonesia. Semua orang pasti sudah mengenal Bung Karno. Beliau lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, wafat pada 21 Juni 1970 dan dimakamkan di kota Blitar, Jawa Timur.

Lokasi Makam Bung Karno

Lokasi makam Bung Karno terletak di Jalan Ir. Soekarno, Kelurahan Bendogerit, Kec. Sanawetan, Kota Blitar, tepatnya di Jl, Slamet Riyadi. Komplek pemakaman berada pada area seluas 1,8 m2 yang di desain dengan arsitektur khas Jawa yaitu bangunan Joglo. Komplek makam dibuka setiap hari mulai pukul 08.00 – 17.00.

Rute Makam Bung Karno

Akses rute makam Bung Karno bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Dari stasiun Blitar, anda bisa langsung menuju ke Istana Gebang, dari Istana Gebang ke makam Bung Karno memiliki jarak kurang lebih 2,5km saja. Sangat mudah ditempuh karena komplek makam Bung Karno masih terletak di dalam kota Blitar.

Daya Tarik Wisata Makam Bung Karno

Makam Bung Karno ditandai dengan gapura besar sebagai pintu masuk. Akan terlihat bangunan berbentuk joglo setelah memasuki area pemakaman yaitu Cungkup Makam Bung Karno. Cungkup diberi nama Astono Mulyo di mana di atas makam terdapat sebuah batu pualam hitam yang bertuliskan “Disini dimakamkan Bung Karno Proklamator Kemerdekaan Dan Presiden Pertama Republik Indonesia. Penyambung Lidah Rakyat Indonesia.”

Pada area makam Bung Karno, di sekitar area cungkup makam Bung Karno, disediakan fasilitas musholla, gazebo, dan pendapa paseban sebagai tempat peziarah dapat beristirahat dan taman sehingga area makam terlihat lebih asri dan hijau. Anda juga dapat menikmati kemegahan komplek Bung Karno yang terdiri dari pilar-pilar dan kolam pada bagian tengah.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Bung Karno

Selain mengunjungi makam Bung Karno, anda dapat berkunjung ke Perpustakaan dan Museum Bung Karno atau dikenal sebagai gedung Persada Soekarno (Perpustakaan Museum Bung Karno). Di antara perpustakaan dan museum terdapat patung dan perjalanan hidup beliau. Gedung ini diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarnoputri pada tangga 3 Juli 2004.

Perpustakaan Nasional Bung Karno menyediakan banyak koleksi seperti koleksi karya Bung Karno, biografi, filsafat, agama, sejarah, kamus, naskah kuno, CD, DVD, perpustakaan digital online seperti jurnal, e-book, dan masih banyak lagi. Selain itu, dilengkapi fasilitas seperti ruang baca, ruang belajar mandiri, ruang diskusi, multimedia, wifi, mushola, aula, relief, dan lain-lain.

Anda juga dapat mengunjungi Museum Bung Karno dan melihat semua koleksi seperti lukisan Bung Karno, peninggalan Bung Karno, uang seri Bung Karno tahun 1964, dan lain sebagainya. Di dalam museum, terdapat sebuah lukisan yang selalu sukses mencuri perhatian wisatawan yaitu lukisan hidup. Lukisan Bung Karno ini terlihat seperti lukisan pada umumnya. Namun jika dilihat dari samping, lukisan ini akan terlihat bergerak seperti hidup.

Apabila anda datang ke makam Bung Karno, cobalah untuk mengunjungi Perpustakaan dan Museum Bung Karno untuk sekedar berwisata ataupun belajar hal-hal baru tentang Indonesia. Anda juga dapat mengunjungi San Diego Hills yang terletak di Karawang, Jawa Barat. Terdapat makam tokoh nasional seperti Endang Rahayu Sedyaningsih, Rachmat Saleh, dan lainnya.