Wisata Makam Jenderal Sudirman di Yogyakarta, Tujuan Para Peziarah

Sudirman atau Jenderal Besar Raden Soedirman merupakan seorang perwira tinggi Indonesia pada masa Revolusi Nasional Indonesia yang sangat dihormati masyarakat Indonesia. beliau lahir pada tanggal 24 Januari 1916 dan meninggal pada 29 Januari 1950 pada umur 34 tahun. Makam Jenderal Sudirman berada di Yogyakarta.

Salah satu yang paling terkenal dari Jenderal Soedirman adalah perang gerilya yang ia lakukan. Ia menempuh jarak ratusan kilometer untuk menyusun strategi perang terbaiknya untuk Belanda dan sekutu. Strategi-strategi perang yang dibuat Jenderal Soedirman akhirnya memberikan keuntungan bagi Indonesia.

Saat melakukan serangan gerilya, Jenderal Soedirman sebenarnya sudah mengalami sakit yang cukup parah. Ia mengidap TBC dan membuat paru-parunya menjadi rusak. Mengetahui hal ini, ia tetap berjuang demi membuat negeri ini diakui dunia. Perjuangan yang dilakukan olehnya akhirnya membuahkan hasil. Sebulan berselang setelah Indonesia resmi diakui kedaulatannya. Jenderal Sudirman akhirnya meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya.

Lokasi Makam Jenderal Sudirman

Lokasi makam Jenderal Sudirman di Taman Makam Pahlawan Kusuma Negara, Yogyakarta. Tepatnya di Jalan Soga, Tahunan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY. Makam Jenderal Sudirman telah menjadi tujuan wisata ziarah bagi masyarakat bahkan peziarah dari kalangan militer.

Rute Makam Jenderal Sudirman

Rute menuju makam Jenderal Sudirman dapat ditempuh melalui Bandara Internasional Adisucipto kemudian mengarah ke Utara ke Jl. Bandara Adisucipto, setelah itu belok ke kiri menuju Jl. Raya Solo dan belok ke kiri lagi ke Jl. Janti/ Jl. Majapahit/ Jl. Ringroad Timur.

Lanjutkan perjalanan dan belok kanan ke Jl. Janti kemudian belok kanan lagi ke Jl. Kusumanegara. Sekitar 2 km anda akan tiba di makam Jenderal Sudirman. Agar lebih mudah, anda bisa menggunakan bantuan peta pada ponsel anda.

Daya Tarik Makam Jenderal Sudirman

Untuk masuk ke makam, anda harus melapor dulu dan mengisi buku tamu. Di Taman Makam Pahlawan, bebaring para pahlawan yang telah berjasa untuk Indonesia. Taman Makam Pahlawan merupakan tempat peristirahatan para pahlawan dari berbagai daerah, suku, dan agama salah satunya yaitu makam Jenderal Sudirman dan istrinya.

Kondisi makam selalu tampak rapi dan terawat karena selalu dirawat dan dibersihkan bahkan dijaga keamanannya. Terdapat para pemandu yang akan menjelaskan tentang sejarah makam-makam yang ada. Menurut penurutan penjaga makam, mereka sering melihat penampakan di area pemakaman yang sudah menjadi hal biasa.

Selain tempat makam Jenderal Sudirman, beberapa tokoh nasional Indonesia yang dimakamkan yaitu Letjen TNI Oerip Soemohardjo, Brigjen TNI Katamso Darmokusumo, Supeno, Irjen F.X Sumardi, dan Mayjen TNI Soegiarto. Apabila anda awalnya hanya berencana untuk berziarah ke makam Jenderal Sudirman, tidak ada salahnya untuk berziarah juga di makam para pahlawan yang lain karena jasa mereka kita dapat merasakan kemerdekaan.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Jenderal Sudirman

Apabila anda ingin melanjutkan wisata setelah berkunjung ke makam Jenderal Sudirman, terdapat beberapa tempat wisata yang dekat dengan makam yaitu Museum Sasmitaloka Panglima Besar. Masih kurang rasanya apabila anda tidak mengunjungi museum ini setelah berkunjung ke makam. Museum sejarah ini memiliki berbagai koleksi mengenai perjuangan Jenderal Sudirman.

San Diego Hills merupakan area tempat pemakaman khusus masyarakat kelas atas yang berada di Karawang, Jawa Barat. San Diego Hills mejadi tempat pemakaman elite bahkan terdiri dari berbagai tipe pemakaman dan ragam ras dan agama dapat dimakamkan di San Diego Hills.