Wisata Religi Makam Sunan Ampel di Surabaya

Bagi yang tinggal di sekitar wilayah Surabaya pasti tidak asing lagi dengan wisata makam Sunan Ampel. Sunan Ampel merupakan salah satu dari Wali Songo yang menyebarkan ajaran Agama Islam di Pulai Jawa. Beliau lahir pada tahun 1401 di Champa yang merupakan putra dari salah satu Wailiyulla bernama Maulana Malik Ibrahin atau Sunan Gresik dan ibunya Dewi Chandrawulan yang merupakan seorang Putri Raja Champa.

Lokasi Makam Sunan Ampel

Alamat makam Sunan Ampel yaitu jalan Pertukangan I, Semampir, Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Makam Sunan Ampel terletak dekat dengan Masjid Ampel yang memang sudah dikenal sebagai tempat wisata ziarah populer di Surabaya.

Rute Makam Sunan Ampel

Jika menggunakan mobil pribadi, anda bisa langsung menuju ke lokasi makam Sunan Ampel mengikuti bantuan Google Map atau papan jalan. Apabila menggunakan bis, dari terminal Bungurasih lanjutkan dengan menggunakan bis kota tujuan Jembatan Merah Plasa, setelah itu lanjutkan dengan menggunakan becak atau taksi hingga sampai ke makam. Apabila menggunakan kereta api, turun di Stasiun Semut kemudian lanjutkan perjalanan menggunakan taksi atau becak hingga sampai ke makam.

Daya Tarik Wisata Makam Sunan Ampel

Saat masuk ke makam Sunan Ampel, anda akan meliwati tiga gapura. Biasanya penjaga makam akan melarang para pengunjung memotret makam Sunan Ampel. Selain itu, anda bisa menemukan makam para keluarga dan murid terdekatnya di kawasan makam.

Terdapat juga makam mbah Shonhaji atau yang lebih dikenal sebagai mbah bolong. Makam Sunan Ampel terletak bersebelahan dengan makam Dewi Condrowati atau yang juga dikenal dengan nama Nyai Ageng Manila yaitu istri pertama Sunan Ampel.

Daya tarik makam Sunan Ampel yang paling populer yaitu terdapat sumur keramat yang dianggap bertauh. Konon sumur tersebut dipercaya memiliki keistimewaan yang mampu memperkuat keyakinan sumpah dan janji mereka.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Sunan Ampel

Setiap berziarah ke makam Sunan Ampel, jangan lupa untuk mengunjungi Masjid Sunan Ampel karena merupakan tempat wisata dekat makam Sunan Ampel. Masjid Sunan Ampel memiliki arsitektur perpaduan Jawa Kuno dan Arab serta masih menggunakan akulturasi budaya lokal dan Hindu-Buddha. Masjid berbahan kayu Jati yang didatangkan dari beberapa wilayah Jawa Timur.

Para masyarakat bercerita bahwa dulunya saat pasukan asing menyerang Surabaya, Masjid Sunan Ampel tetap berdiri dengan kokoh walaupun sudah diserang dengan senjata yang menghancurkan wilayah Surabaya, seperti tidak terjadi apapun sebelumnya. Saat ini kebersihan masjid selalu dijaga.

Masjid Sunan Ampel selalu ramai akan pengunjung yang biasanya sekaligus berziarah ke makam Sunan Ampel terutama selama bulan Ramadhan. Masjid ini sudah sering dijadikan sebagai tempat berkumpul para ulama dan wali dari berbagai daerah Jawa untuk membahas ajaran Islam dan metode penyebarannya di Pulau Jawa.

Selain Masjid Ampel, anda wajib mengunjungi kampung Arabnya. Berlokasi di jalan Ampel Suci dan jalan Ampel Masjid. Anda dapat belanja sepuasnya mulai dari kosmetik Arab, parfum, peci, mukenah hingga gamis. Puas berbelanja, anda bisa mencoba mencicipi wisata kuliner khas Timur Tengah seperti nasi kabsah, nasi briyani, kebab, nasi kebuli, roti maryam, dan masih banyak lagi.

Makam Sunan Ampel memang sudah sangat terkenal menjadi lokasi wisata ziarah di Surabaya. Terdapat makam yang menjadi tempat pemakaman beberapa tokoh nasional yaitu San Diego Hills. San Diego Hills terletak di Karawang, Jawa Barat. Anda juga bisa mengunjungi San Diego Hills untuk berziarah bahkan San Diego Hills tidak tampak seperti makam karena desainnya yang mewah.