Wisata Sejarah di Makam Soekarno Blitar

Salah satu tempat wisata ziarah yang paling terkenal di kota Blitar yaitu makam Soekarno. Semua orang pasti sudah mengenal Ir. Soekarno yang selalu ada dalam buku sejarah di masa sekolah. Ir Soekarno merupakan Presiden pertama Republik Indonesia yang menjabat pada periode 1945-1967 dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Soekarno lahir pada tanggal 6 Juni 1901 di Surabaya, Jawa Timur yang dilahirkan dari ayah bernama Raden Soekemi Sosrodihardjo dan ibu bernama Ida Ayu Nyoman Rai. Ir. Soekarno wafat pada tanggal 21 Juni 1970 di Jakarta, pada umur 69 tahun karena penyakit gangguan ginjal yang diderita. Jenazah Soekarno dimakamkan keesokan harinya di kota Blitar, bersebelahan dengan makam kedua orang tuanya.

Lokasi Makam Soekarno

Lokasi makam Soekarno terletak di bagian Utara kota Blitar tepatnya terletak di Jalan Ir. Soekarno, Bendogerit, Kec. Sananwetan, Kota Blitar, Jawa Timur. Makam Soekarno berada dalam komplek pemakaman yang memiliki desain arsitektur khas Jawa yaitu bangunan joglo.

Rute Makam Soekarno

Makam Soekarno dapat ditempuh dengan sangat mudah karena masih di dalam kota Blitar. Anda bisa langsung mengarahkan tujuan anda ke jalan Ir. Soekarno. Jarak tempuh dari alun-alun kota Blitar sekitar 2,5 km, dari stasiun sekitar 3 km, dan dari terminal bus sekitar 6 km. Komplek makam Soekarno juga dekat dari pusat kota dan anda bisa mengikuti papan penunjuk arah karena makam Soekarno memang sudah terkenal sebagai tempat wisata populer di Blitar.

Daya Tarik Wisata Makam Soekarno

Komplek makam memiliki luas hingga 1,8 hektare dengan ciri khas utamanya yaitu memiliki bangunan arsitektur Jawa berbentuk joglo atau disebut dengan Cungkup Astana Mulyo. Terdapat sebuah batu pualam besar berwarna hitam yang bertuliskan “Di sini dimakamkan Bung Karno, Proklamator Kemerdekaan dan Presiden Pertama Republik Indonesia, Penyambung Lidah Rakyat”.

Komplek makam memiliki Gapura Agung, Masjid, Mushola, gazebo dan taman yang sangat asri dan hijau sehingga komplek tetap sejuk dan teduh. Komplek makam sangat megah dan dikelilingi pepohonan membuat para wisatawan selalu takjub ketika berkunjung.

Daya tarik wisata makam Soekarno membuat komplek selalu ramai pengunjung dari segala penjuru daerah karena dibuka untuk umum bahkan pejabat juga berziarah ke makam Soekarno. Tidak jauh dari makam juga terdapat tempat wisata lain yang wajib dikunjungi dan masih berada di dalam komplek.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Soekarno

  1. Perpustakaan Nasional Proklamator Bung Karno

Tempat wisata sekitar makam Soekarno yang sangat dekat yaitu perpustakaan Bung Karno yang diresmikan oleh Presiden Megawati Soekarno Putri pada tanggal 3 Juli 2004. Perpustakaan Bung Karno dibuka untuk umum dan memiliki koleksi yang sangat bermanfaat bagi anak-anak, pelajar, mahasiswa, dan semua orang.

  1. Museum Bung Karno

Museum Bung Karno memiliki koleksi benda peninggalan Soekarno, uang seri Bung Karno, hingga lukisan dan foto-foto Bungkarno. Terdapat juga lukisan misterius yang dikenal sebagai lukisan hidup karena lukisan ini seolah hidup jika dilihat dari samping.

  1. Gong Perdamaian

Gong Perdamaian merupakan gong berukuran raksasa yang dikelilingi bendera 116 negara dan simbol-simbol agama yang tergabung ke dalam World Peace Gong sebagai sarana persaudaraan dan pemersatu umat manusia.

Kemewahan dan fasilitas yang disuguhkan komplek makam Soekarno memang tidak ada habisnya membuatnya ramai akan pengunjung. Anda juga bisa mencoba mengunjungi San Diego Hills tepatnya di Karawang, Jawa Barat, makam kelas atas yang juga menjadi tempat peristirahatan terakhir beberapa tokoh nasional.