Wisata Situs Nasional Makam Sunan Giri

Sunan Giri merupakan seorang Walisongo dan merupakan pendiri kerajaan Giri Kedaton. Beliau lahir di Blambangan (Banyuwangi) pada tahun 1365 Saka dan wafat pada tahun 1428 Saka, makam Sunan Giri terletak di desa Giri, Kebomas, Gresik. Sunan Giri adalah orang yang berjasa dalam syiar Islam di tanah Jawa.

Giri Kedaton menjadi pusat penyebaran agama Islam di Jawa, yang pengaruhnya bahkan sampai ke Madura, Lombok, Kalimantan, Sulawesi, dan Maluku. Sunan Giri memiliki beberapa nama panggilan, yaitu Raden Paku, Prabu Satmata, Sultan Abdul Faqih, Raden ‘Ainul Yaqin dan Joko Samudro.

Lokasi Makam Sunan Giri

Alamat makam Sunan Giri terletak di jalan Sunan Prapen, Pedukuhan, Sekarkurung, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. Komplek makam berada di puncak Bukit Giri yang bisa dikunjungi kapan saja karena buka selama 24 jam.

Rute Makam Sunan Giri

Lokasi Makam Sunan Giri berada di antara perbatasan Kota Gresik dan Surabaya. Anda dapat dengan mudah menuju ke makam baik dengan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Jarak tempuh dari Kota Gresik sekitar 2 km ke arah Selatan dari Kota Gresik.

Daya Tarik Wisata Makam Sunan Giri

Makam Sunan Giri selalu ramai pengunjung yang ingin berziarah ataupun sekedar untuk menikmati pesona alam yang disuguhkan. Makam Sunan Giri berada di suatu ruangan khusus yang ditutupi oleh tembok kayu lengkap dengan atas dan sebuah pintu kecil. Bangunan makam dihiasi dengan ukiranĀ  dan aneka ragam hiasan yang astistik.

Anda juga dapat menemukan makam-makam dari keluarga besar Sunan Giri. Ukuran pintu makam Sunan Giri hanya memiliki tinggi sekitar 1 meter dan selebar laki-laki dewasa. Maka dari itu kita harus menunduk ketika ingin masuk ke dalam makam. Saat keluar pun terdapat tradisi yang selalu dilakukan para peziarah yaitu diharapkan berjalan munduk dan menunduk.

Sebagai tempat wisata ziarah, pastinya area sekitar makam dilengkapi dengan fasilitas dan pelayanan yang lengkap seperti area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, bahkan terdapat rumah makan sehingga anda bisa sambil beristirahat.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Sunan Giri

  1. Masjid Sunan Giri

Tidak jauh dari makam Sunan Giri, terdapat tempat wisata ziarah dari makam Sunan Giri tepatnya di sebelah kanan yaitu Masjid Giri yang dibangun Sunan Giri ribuan tahun silam. Merupaka masjid tertua dari keseluruhan masjid di Gresik. Banyak yang berkunjung ke masjid untuk berdoa dan mencari ketenangan.

  1. Masjid Agung Gresik

Masjid Agung Gresik menjadi pilihan wisata religi yang wajib dikunjungi. Memiliki luas bangunan sekitar 10.000 m2 yang mampu menampung sekitar 5.000 jamaah. Masjid ini memiliki desain arsitektur yang mewah dan di bagian sebelah utara gedung utama terdapat menara atau minaret tinggi dengan bentuk unik yaitu kotak menyempit ke atas, mekar sedikit kemudian mengerucut hingga akhir.

  1. Plaza Gresik

Apabila ingin berjalan-jalan setelah mengunjungi makam, anda bisa langsung menuju ke Plaza Gresik. Pusat perbelanjaan ini memiliki dua lantai dan merupakan yang terbesar di daerah Gresik. Konsel mall juga modern dengan fasilitas lengkap, anda akan puas saat berbelanja apa saja dan juga sambil makan setelah berwisata.

Selain makam Sunan Giri, terdapat makam yang juga dikhususkan untuk menghormati tokoh nasional pahlawan yaitu San Diego Hills di mana areanya bernama Heroes Plaza. San Diego Hills terletak di Karawang, Jawa Barat yang merupakan kawasan area pemakaman elite di mana juga tersedia tempat pemakaman yang bisa dibeli oleh masyarakat.