Wisata Ziarah Cagar Budaya di Makam Pangeran Jayakarta

Konon diceritakan bahwa Pangeran Jayakarta merupakan seseorang yang gigih dalam memperjuangkan Jakarta dan pernah mengusir tentara VOC dari Banten. Pangeran Jayakarta memiliki kedekatan dengan sejarah Jakarta. Untuk mengenang jasa beliau, Gubernur Ali Sadikin meresmikan berdirinya makam Pangeran Jayakarta bahkan saat ini statusnya telah menjadi cagar budaya.

Lokasi Makam Pangeran Jayakarta

Alamat makam Pangeran Jayakarta berada di Jalan Jatinegara Kaum No. 49 RT 003/RW 003 Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Jakarta Timur, DKI Jakarta. Makam terletak bersebelahan dengan Masjid Jami Assaalafiyah atau Masjid Pangeran Jayakarta.

Rute Makam Pangeran Jayakarta

Apabila menggunakan kendaraan pribadi, anda bisa langsung menuju ke alamat yang tertera. Lokasi makam Pangeran Jayakarta juga dapat dituju dengan angkutan umum. Jalur bus yang berhenti di dekat makam yaitu 4F, M27, T25, dan T45 sedangkan jalur kereta yang berhenti di dekat makam yaitu BIRU.

Daya Tarik Makam Pangeran Jayakarta

Wisata makam Pangeran Jayakarta selalu ramai pengunjung yang ingin berziarah termasuk wisatawan dari Brunei Darussalam dan Malaysia. Letak makam tersembunyi di komplek Masjid Assalafiyah sehingga tak terlalu terlihat. Di halaman masjid tersedia area parkir untuk kendaraan roda dua.

Terdapat pohon beringin besar yang sangat rindang di area makam dan di samping pohon terdapat lambang Kodam Jaya bertuliskan “Jayakarta” dengan kepak 24 sayap, sebatang pohon kelapa, dan prasasti yang ditandatangani Pengdam Jaya.

Nisan makam Pangeran Jayakarta diapit dua buah guci berbeda bentuk dan warna. Pada bagian tengah makam dipenuhi dengan bunga yang ditabur oleh para peziarah yang datang. Pada nisan tersebut terdapat tulisan “Pangeran Achmad Djaketra”. Konon makam ini sudah disembunyikan selama lebih dari ratusan tahun karena khawatir akan dihancurkan Belanda.

Memasuki kawasan masjid, pengunjung akan melihat sebuah pendopo. Di pendopo yang berukuran 10×10 meter ini, terdapat lima makam. Salah satu makam tersebut merupakan makam Pangeran Jayakarta. Makam ini dapat dikenali dari tulisan Achmad Djaketra pada batu nisannya. Sementara di sebelahnya, terdapat makam Pangeran Lahut yang merupakan putera dari Pangeran Achmad Djaketra.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Pangeran Jayakarta

Dari makam Pangeran Jayakarta, anda bisa mengunjungi tempat wisata lainnya seperti Musuem Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta. Bangunan ini dulunya merupakan balai kota Batavia dan saat ini dijadikan sebagai museum dengan banyak koleksi seperti perjalanan sejarah jakarta, hasil arkeologi Jakarta, batu prasasti, gerabah, dan lain-lain.

Apabila ingin wisata hiburan, anda bisa mengunjungi Taman Impian Jaya Ancol. Terdapat banyak objek wisata seperti Pantai dan Taman yaitu Dufan, Sea World, Pasar Seni, Pulau Bidadari, juga terdapat gondola, fasilitas wisata bowling internasional bahkan terdapat banyak wisata kuliner dan juga fasilitas penginapan seperti hotel, villa, hingga cottage.

Apabila ingin berwisata alam, anda bisa mengunjungi Taman Wisata Alam Mangrove yang cukup dekat dengan makam Pangeran Jayakarta. Anda dapat mengikuti aktivitas penanaman bibit mangrove. Anda bisa menikmati keindahan alam yang disuguhkan sambil menikmati aktivitas yang disediakan seperti melewati Jembatan Gantung dan Pengamat Burung, wisata air, bersepeda, hingga wahana permainan anak-anak yang tersedia.

Salah satu makam elite di Karawang yaitu San Diego Hills. Makam ini juga menjadi tempat pemakaman beberapa tokoh nasional. Arsitektur bangunannya menggabungkan budaya-budaya Indonesia dengan berbagai area yang bisa disesuaikan dengan agama dan adat. Masyarakat juga dapat membeli makam di San Diego Hills.