Wisata Ziarah ke Makam Imogiri, Makam Raja-Raja Mataram

Makam Imogiri merupakan komplek makam bagi raja-raja Mataram dan keluarganya yang berada di Ginirejo, Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Makam ini dibangun dari tahun 1632 hingga 1640 M oleh Sultan Agung Adi Prabu Hanyokrokusumo, Sultan Mataram ke-3, keturunan dari  Panembahan Senopati, Raja Mataram ke-1, dan merupakan bangunan milik keraton kasultanan.

Sultan Agung merupakan raja ketiga Mataram setelah Penembahan Senopati dan Panembahan Seda Krapyak. Raja Mataram yang pertama dimakamkan di Imogiri yaitu Sultan Agung Hanyokrokusumo. Beliau yang memutuskan bahwa Imogiri menjadi makamnya kelak setelah beliau wafat. Hingga saat ini Raja Kasultanan Yogyakarta dan Surakarta yang wafat dimakamkan di sini.

Lokasi Makam Imogiri

Lokasi makam Imogiri terletak di Dusun Pajimatan, Desa Girirejo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Makam Imogiri hanya buka pada hari Senin, Jumat, dan Minggu dari jam 10.00 – 13.00 WIB.

Rute Makam Imogiri

Akses menuju makam Imogiri dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Dari terminal Giwangan, lurus terus ke arah Selatan hingga melewati jalan Imogiri Timur atau ambil bus jurusan Yogyakarta-Panggang atau Yogyakarta Petoyan. Setelah perjalanan kira-kira 30 menit, anda akan tiba di terminal Imogiri. Selanjutnya pengunjung tinggal berjalan kaki sekitar 250 meter hingga ke makam.

Daya Tarik Wisata Makam Imogiri

Wisata makam Imogiri dapat dilalui dengan menaiki anak tangga berjumlah sekitar 409. Di salah satu anak tangga ke makam terdapat sebuah nisan yang merupakan nisan makam Tumenggung Endranata dan sengaja dimakamkan di sala satu anak tangga di bawah pintu gerbang makam karena mengkhianati Mataram.

Selain terdapat makam Sultan Agung di makam Imogiri, dimakamkan juga 23 raja keturunan Sultan Agung, makam dinasti Kasunanan Surakarta dan Kasultanan Yogyakarta. Struktur dan susunan makam raja ini berbentuk segitiga. Makam Sultan Agung terletak di bagian atas, di sisi Timur merupakan tempat makam raja-raja Kasultanan Yogyakarta dan sisi Barat merupakan makam Raja dari Kasunanan Surakarta. Makam dipisah menjadi dua bagian akibat dari perpecahan Mataram.

Terdapat 4 gentong atau padhasan yang menurut cerita merupakan persembahan dari kerajaan-kerajaan sahabat kepada Sultan Agung. Gentong-gentong tersebut konon memiliki khasiat tertentu seperti untuk kesehatan, penyembuhan ataupun kesuksesan sehingga banyak para peziarah yang berusaha untuk mendapatkan air ini.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Imogiri

  1. Hutan Pinus Mangunan

Hutan Pinus Mangunan merupakan bagian dari Resort Pengelolaan Hutan (RPH) Mangunan. Anda dapat berkunjung untuk menikmati keindahan alam yang disuguhkan. Hutan Pinus Mangunan lebih sering disebut dengan Hutan Pinus Imogiri karena jaraknya yang sangat dekat dengan makam Imogiri yaitu sekitar 3,9 km.

  1. Kebun Buah Mangunan

Kebun Buah Mangunan memiliki julukan negeri di atas awan karena berada di ketinggian 200 meter dari permukaan laut. Terdapat gardu pandang mangunan yang menjadi daya tarik utama. Anda dapat menikmati keindahan awan yang dapat dilihat dengan jelas yang menyelimuti pegunungan Sewu. Jarak dari makam Imogiri hanya sekitar 4 km.

  1. Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit menawarkan keindahan alam sehingga dapat memberikan wisata edukasi bagi siapa saja. Banyak spot yang indah untuk berfoto bahkan terdapat Rumah Hobbit Mangunan yang rumahnya memang mirip dengan rumah hobbit yang umumnya kecil. Jarak dari makam Imogiri sekitar 4,1 km.

Anda juga dapat mengunjungi San Diego Hills yang merupakan makam elite dan mewah di Karawang, Jawa Barat. Tokoh nasional dan pahlawan dimakamkan di bagian Heroes Plaza untuk mengenang jasa-jasa mereka. Lingkungan San Diego Hills yang sangat hijau dan asri membuatnya tidak terlihat seperti makam pada umumnya.