Wisata Ziarah Makam Sunan Drajat di Lamongan

Wisata Ziarah Makam Sunan Drajat di Lamongan

Sunan Drajat menghabiskan sisa hidupnya untuk mengajarkan Islam di Ndalem Duwur. Beliau wafat sekitar tahun 1522 M dan makam Sunan Drajat terletak di perbukitan Drajat, Paciran, Lamongan. Makam beliau terletak di posisi paling tinggi dan berada di belakang.

Sunan Drajat merupakan salah satu dari anggota walisongo yang terkenal akan kecerdasannya. Setelah beliau selesai dengan riyadhoh dan menguasai pelajaran agama Islam, beliau kemudian diperintahkan untuk menyebarkan ajaran agama di sebelah barat Surabaya khususnya pesisir Gresik.

Namun, dalam perjalanannya mengarungi lautan, perahu yang ditumpangi beliau mengalami musibah ombak besar hingga akhirnya tenggelam dan menyebabkan beliau terdampar di daerah pesisir Lamongan.

Lokasi Makam Sunan Drajat

Lokasi makam Sunan Drajat terletak di  Desa Drajat, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Kota ini cukup dekat dengan Giri, Gresik. Jarak dari Gresik ke Lamongan kurang lebih 60 menit tergantung kondisi lalu lintas dan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit untuk ke lokasi makam. Dari stasiun lamongan ke makam hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam.

Rute Makam Sunan Drajat

Akses menuju makam Sunan Drajat dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Untuk mencapai wisata ini, sebenarnya anda bisa menggunakan akses jalan utama saja dari kota Lamongan, yaitu Jl. Sumberwudi atau dengan rute Stasiun Lamongan – Sarirejo – Plosowahyu – Surabayan – Ngebet – Kendal – Glogok – Takerharjo – Tlogosandang – Banjarwati – Makam Sunan Drajat.

Daya Tarik Wisata Makam Sunan Drajat

Saat memasuki area kawasan makam Sunan Drajat, anda akan langsung disambut bangunan besar yang terbuat dari bahan dasar batu dan kayu yang dibangun tanpa menggunakan semen. Makam Sunan Drajat terkesan lebih modern karena sudah mengalami pemugaran pada tahun 1992.

Komplek pemakaman terbagi menjadi tujuh halaman yang secara keseluruhan terdapat di perbukitan. Berbagai pemugaran di komplek makan Sunan Drajat diberikan langsung oleh pemerintah setempat untuk mendukung pelestarian warisan sejarah tersebut. Terdapat pintu Gapura Paduraksa dengan hiasan cungkup, serta pagar kayu bermotif sulur dan teratai yang mampu menguatkan kesan lambang sebuah gunung.

Di sekitar kawasan wisata makam Sunan Drajat terdapat banyak pohon rindang sehingga area makam Sunan Drajat menjadi lebih sejuk karena kawasan sekitar memang memiliki kondisi cuaca yang cukup panas. Pohon-pohon ini juga sering dijadikan sebagai tempat berteduh para pengunjung.

Setelah memasuki gerbang, anda akan melewati jalan setapak yang mengarah ke makam Sunan Drajat di mana terdapat pepohonan di bagian kiri dan kanan jalan setapak memberikan pemandangan yang indah. Anda juga akan menemukan beberapa anak tangga sebelum tiba di makam. Pada setiap anak tangga anda juga akan menemukan tulisan mengenai 7 filosofi dari ajaran Sunan Drajat ketika menyebarkan agama Islam.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Sunan Drajat

Selain melakukan pemugaran komplek makam, pemerintah setempat Kabupaten Lamongan juga mendirikan Museum Daerah Sunan Drajat untuk mengenang jasa para wali dan Sunan Drajat yang menyebarkan agama Islam di Jawa. Museum ini diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur pada tanggal 1 Maret 1992, dan letaknya di sebelah timur makam Sunan Drajat. Setelah mengunjungi makam Sunan Drajat, anda bisa langsung mengunjungi museum ini.

San Diego Hills merupakan tempat pemakaman elite yang terletak di Karawang, Jawa Barat yang memiliki area yang sangat luas bahkan terbagi menjadi beberapa area sesuai dengan model arsitekturnya dan terdapat area khusus pemakaman tokoh nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *