Ziarah ke Makam Sunan Muria Sambil Menikmati Pemandangan

Sunan Muria memiliki nama asli Raden Umar Said atau Raden Said yang merupakan putra dari Sunan Kalijaga dan Dewi Saroh. Sunan Muria bertempat tinggal di Gunung Muria sehingga makam Sunan Muria juga berlokasi di Gunung Muria, sebuah gunung yang terletak di perbatasan Kabupaten Kudus, Jepara, dan Jati.

Sunan Muria merupakan salah satu tokoh Wali Songo yang menyebarkan agama Islam kepada masyarakat yang hingga saat ini dikenang karena ajaran dan peninggalan sejarahnya. Beliau dikenal memiliki ketrampilan seperti melaut, berdagangm dan bercocok tanam serta kepribadian yang baik sehingga sangat mudah berbaur dengan masyarakat.

Lokasi Makam Sunan Muria

Lokasi makam Sunan Muria terletak di Area Gn., Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Makam Sunan Muria berada di lereng Gunung Muria tepatnya di Puncak Colo. Anda dapat berkunjung kapan saja karena makam selalu buka selama 24 jam.

Rute Makam Sunan Muria

Rute makam Sunan Muria dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi dengan waktu tempuh sekitar satu setengah hingga dua jam dari kota Kudus hingga sampai ke makam. Lokasi makam berjarak sekitar 19 km dari kota Kudus. Apabila menaiki angkutan umum, anda bisa menaiki angkutan kota dari Terminal Kudus yang dapat langsung menganat anda ke Muria menggunakan jurusan Colo

Daya Tarik Wisata Makam Sunan Muria

Daya tarik wisata makam Sunan Muria yang selalu menarik perhatian yang lokasinya yang berada di Gunung Muria. Karena lokasinya berada di lereng Gunung, anda bisa menikmati pemandangan alam yang hijau dan indah di kiri dan kanan jalan ketika berkunjung. Untuk menuju ke makam Sunan Muria, biasanya anda bisa berjalan kaki atau terdapat jasa sewa ojek motor.

Jalanan yang menanjak, sempit dan berkelok-kelok saat menuju ke makam memberikan tantangan tersendiri bagi para pengunjung namun semuanya akan terbayarkan karena pemandangan yang disajikan akan membuat hati menjadi lebih tenang dan menyegarkan mata. Setibanya di makam Sunan Muria, akan terdengar lantunan ayat-ayat suci yang merdu dan memberikan suasana yang khidmat memenuhi seluruh ruangan.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Sunan Muria

Setelah mengunjungi makam Sunan Muria, anda bisa melanjutkan perjalanan ke sekitar makam karena berbagai tempat seperti toko souvenir. Terdapat banyak toko souvenir berderetan di sepanjang lorong yang menjual banyak souvenir unik seperti hiasan rumah, gantungan kunci hingga kayu naga Muria yang dipercaya dapat mengusir tikus.

Terdapat juga wisata kuliner di sekitar makam, anda bisa menikmati produk asli dari warga sekitar seperti durian, rambutan, jeruk pamelo, pisang byar, kopi, dan lain-lain sambil menikmati pemandangan gunung yang indah. Salah satu makanan yang paling unik yaitu buah parijoto. Buah parijoto merupakan buah asli dari Gunung Muria.

Masyarakat setempat percaya apabila seorang ibu yang sedang mengandung mengonsumsi buah parijoto, maka apabila anaknya laki-laki maka akan memiliki wajah yang tampan dan apabila anak perempuan maka akan memiliki paras yang cantik. Mitos ini memang sudah lama berkembang di masyarakat.

Terdapat juga pecel pakis Colo di mana pakis adalah tanaman khas Gunung Muria yang dimanfaatkan warga untuk membuat masakan. Anda bisa berkunjung ke makam Sunan Muria untuk berziarah atau sekedar berwisata ke Gunung Muria.

Setiap makam pasti memiliki daya tarik sendiri, salah satunya juga yaitu San Diego Hills yang terletak di Karawang, Jawa Barat. San Diego Hills merupakan makam untuk masyarakat kelas tinggi dengan desain yang sangat asri dan juga mewah.