Ziarah ke Makam Yesus yang Asli di Yerusalem

Sejarah tentang Yesus merupakan sejarah yang paling banyak menyita perhatian manusia bukan hanya bagi umat Kristen namun hingga ke seluruh dunia. Salah satunya yang pernah menjadi perdebatan yaitu keberadaan makam Yesus yang asli yang saat ini diyakini berada di Yerusalem. Selain itu, kematian Yesus yang disalibkan juga paling dikenal banyak orang dan memang sudah tidak terbantahkan kebenarannya.

Lokasi Makam Yesus

Menurut para ilmuwan, tubuh Yesus dimakamkan di Yerusalem bagian timur tepatnya di Gereja Makam Kudus di Kota Tua Yerusalem. Lokasi makam Yesus memang sempat menjadi perdebatan bahkan ada yang mengira bahwa jasad Yesus disemayamkan di Talpiot Tomb yang ditemukan pada tahun 1980.

Rute Makam Yesus

Akses menuju makam Yesus dari pusat Kota Yerusalem juga cukup dekat yaitu sekitar 10 menit. Anda bisa langsung mengunjungi Gereja Makam Kudus dengan bantuan google map atau bertanya pada masyarakat setempat bagi yang baru saja mengunjungi Yerusalem.

Daya Tarik Wisata Makam Yesus

Salah satu misteri situs paling suci dalam keyakinan Agama Kristen yaitu tempat makam Yesus yang sempat menjadi perdebatan oleh para ilmuwan, para arkeolog, dan para ahli sejarah. Namun pada akhirnya makam Yesus berhasil ditemukan dan diyakini sebagai makam Yesus yang asli di Gereja Makam Kudus di Kota Tua Yerusalem.

Pembuktian ini dilakukan dengan hasil riset peneliatan yang panjang mengenai material tanah, permukaan batu asli, usia Sarkofagus, dan letak wilayahnya memiliki kesamaan persis dan sesuai dengan catatan Kitab Injil umat Kristen dan Kitab Taurat Umat Yahudi.

Makam Yesus telah tertutup batuan dinding marmer sejak tahun 1555M menurut perkiraan untuk mencegah para jemaat yang ingin mengambil batu asli sebagai souvenir ketika berziarah ke makam suci ini. bukti permukaan asli batu makam yang selama ini dirahasiakan pun akhirnya ditemukan. Menurut Tradisi Kristen, tubuh Yesus Kristus dibaringkan di rak batu setelah proses penyaliban.

Setelah itu Yesus dibangkitkan setelah kematiannya pada hari ketiga sehingga tempat Yesus dimakamkan kosong dan terbuka begitu saja. Bahkan sekitar 500 orang menyaksikan dia hidup kembali dengan memperlihatkan tanda-tanda bekas penyalibannya bahkan beberapa muridnya melihat Yesus terangkat naik ke langit dan menghilang tertutup awan. Tubuh Yesus maupun makamnya yang kedua setelah dia bangkit tidak pernah ditemukan hingga sekarang.

Karena tempat makam Yesus sudah lama tidak terurus, tim ahli akhirnya merenovasi Gereja Suci tepatnya di kamar kuno tempat tubuh Yesus dikuburkan. Perbaikan terakhir kali dilakukan tahun 1810 setelah terjadi kerusakan akibat kebakaran.

Saat ini makam Yesus sudah dalam kondisi stabil namun masih harus dirawat. Struktur bangunan juga diperkuat untuk melindungi bangunan dari bencana gempa. Hal ini juga akan membuat nyaman para peziarah yang datang berkunjung sekaligus mempertahankan bangunan bersejarah tersebut.

Tempat Wisata di Sekitar Makam Yesus

Di dalam Kawasan Kristen terdapat Gereja Makam Kudus, sebuah tempat ziarah penting para penganut orang Kristen di seluruh dunia. Tempat itu terletak di sebuah lokasi yang sangat penting dalam kisah Yesus: kematiannya, penyalibannya dan kebangkitannya.

Dalam kepercayaan tradisi Kristen pada umumnya, Yesus disalibkan di sana, di bukit Golgota, atau bukit Kalvari, dan makamnya terletak di dalam bangunan pekuburan yang juga diyakini sebagai tempat kebangkitannya. Tempat ini adalah salah satu tujuan ziarah utama bagi ratusan juta orang Kristen di seluruh dunia yang mengunjungi makam Yesus yang kosong dan mencari penebusan dalam doa di lokasi tersebut.

Di Indonesia tepatnya di Karawang, Jawa Barat terdapat area pemakaman khusus masyarakat kelas atas yaitu San Diego Hills. San Diego Hills memiliki area pemakaman yang luas dan lingkungan yang sangat asri dan bersih.